Sunday 31 March 2013

Seputar Menyusui


Berapa lamakah ASI tahan disimpan di dalam freezer?

Sebaiknya ASI tidak disimpan di dalam freezer karena jika dihangatkan, maka akan ada beberapa kandungan yang kualitasnya menurun. Simpanlah ASI di dalam chiller (tempat antara freezer dan bagian bawahnya, yang biasa digunakan untuk menyimpan keju atau mentega). Penyimpanan ASI dapat tahan hingga 2 hingga 3 minggu. Yang menyebabkan terjadinya pembusukan adalah bakteri hingga terjadi fermentasi asam dan sebagainya. Jika akan diberikan kepada bayi, ASI dihangatkan dahulu pakai air hangat dalam baskom dan botolnya direndam didalamnya.

Jika ASI dimasukkan ke dalam botol dan ditaruh di suhu luar, berapa lama tahannya?

Tergantung seberapa bersih botolnya. Makin bersih botolnya, maka akan semakin lama tahannya (4 hingga 6 jam). Tentunya untuk mengetahui ada atau tidaknya pembusukan, sebelum diberikan pada bayi sebaiknya ASI harus dirasakan dulu oleh ibunya.

Apakah benar ASI yang seperti santan lebih bagus?

Untuk warna dan kejernihan, jangan harapkan ASI sama putihnya atau sama bagusnya seperti susu kaleng. Bila ASI encer, keruh, dan kuning, itu bukan berarti kualitasnya tidak baik. ASI sebenarnya tergantung dari apa yang dimakan ibu. Jika ibu banyak makan protein, maka warna ASI-nya agak sedikit keruh.

Setelah melahirkan, kapan ASI akan keluar?

Dalam waktu seminggu dan keluarnya pun sedikit demi sedikit. Kecuali bila sudah melahirkan anak ketiga, biasanya hari kedua saja ASI sudah banyak yang keluar. Biasanya kalau baru melahirkan anak pertama, ibu penuh dengan kecemasan terhadap anaknya, hingga timbul ketidaknyamanan. Semakin nyaman ibu, maka akan semakin cepat ASI itu keluar. Supaya produksi ASI cukup banyak, ibu harus banyak minum (dua liter air atau lebih) dan konsumsi makanan yang sehat..

Bagaimana memenuhi kebutuhan makan bayi selama ASI masih belum lancar?

Sebenarnya bayi selama tiga hari tidak diberi makan tidak akan membuatnya mati karena bayi yang lahir cukup bulan ini memiliki cadangan yang cukup. Jika si bayi menangis, sebaiknya susui saja atau jika perlu berikan susu formula sesuai petunjuk dokter.

Apa penyebab ASI tidak mau keluar?

Secara alamiah ASI pasti akan keluar. Jika ASI tak keluar sama sekali, harus dikonsultasikan ke dokter. Makin cemas seorang ibu, maka semakin tidak keluar ASI-nya. Itu sebabnya, dalam memberikan ASI harus dilakukan dalam ruangan yang tenang dan relaks.

Mana yang lebih dianjurkan, memerah ASI dengan tangan (manual) atau dengan alat?

Memerah ASI dengan menggunakan alat sebenarnya menghabiskan waktu lebih cepat dibandingkan secara manual. Pemerahan yang benar dilakukan setelah pemberian ASI secara langsung pada bayi, sampai terasa payudara tidak lagi keras atau sudah terasa kosong dan tak ada ASI lagi yang keluar. Anak bayi itu mirip dengan anak usia setahun, perutnya kosong setelah 4 hingga 6 jam. Jika si bayi tidur, sebenarnya tak perlu dibangunkan untuk diberikan ASI. Pemberian ASI secara langsung memang tidak bisa diukur jumlahnya dan ukurannya dianggap cukup bila berat badan bayi bertambah sesuai yang diharapkan.

Bolehkah bila bayi kelaparan diberikan air putih?

Pemberian air putih kepada bayi sebaiknya hanya untuk membilas sehabis menyusu, sebanyak 2 hingga 3 sendok atau sekitar 15 cc. Air putih sebenarnya tak bisa mengenyangkan bayi karena rasa kenyang hanya diperoleh dari asupan kalori.

Berapa lama waktu menyusui?

Yang terbaik adalah payudara kanan dan kiri masing-masing 10 menit.

No comments: