Sunday 31 March 2013

Demam Berdarah, Apa dan Bagaimana?


Demam berdarah yang kembali mewabah ternyata mempunyai siklus lima tahunan, yang dikhawatirkan akan mewabah lagi di tahun 2009. Sebenarnya, apa dan bagaimana demam berdarah itu?

Demam berdarah disebabkan karena virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Begitu ganasnya virus ini, sehingga bila lambat penangannya akan berakibat fatal.

Tanda-tanda Demam Berdarah

Penderita demam berdarah biasanya menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut:
  1. Demam tinggi (38-40oC) yang berlangsung dua sampai tujuh hari disertai sakit pada otot, pusing, mual, muntah, sampai pendarahan pada hidung dan gusi, nyeri di ulu hati, serta gelisah.
  2. Pada permukaan kulit penderita biasanya keluar bintik-bintik merah. Namun, banyak penderita yang tidak menunjukkan tanda tersebut.
Tindakan

Tindakan yang harus Anda lakukan jika ada anggota keluarga, tetangga, atau teman yang menderita demam tinggi, dan tidak turun dalam waktu tiga hari, yaitu:
  1. Segera periksa darah untuk mengetahui kadar trombosit darah serta hemokonsentrasi darah penderita untuk mengetahui kekentalan darah, jika dalam tiga hari suhu badan tidak turun. Trombosit merupakan salah satu unsur yang diperlukan untuk pembekuan darah. Menurunnya kadar trombosit inilah yang biasanya menyebabkan terjadinya perdarahan.
  2. Beri obat penurun panas.
  3. Beri minum sebanyak mungkin.
  4. Kompres untuk menurunkan suhu badannya.

No comments: