Sunday 31 March 2013

Dr. Hiromi Shinya : 6 Kunci Emas Untuk Hidup Sehat


Enzim adalah katalis protein yang dibentuk didalam sel mahluk hidup. Enzim ikut ambil bagian dalam seluruh aktifitas yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan seperti sintetis dan penguraian, transportasi, eksresi, detoksifikasi, penyediaan energi dan regenerasi sel. Berikut adalah tips dari Dr.Hiromi Shinya untuk menghemat "Enzim Ajaib" dalam tubuh dan menikmati hidup yang panjang dan sehat.

1. Pola makan yang baik

Konsumsi 85-90 % Jenis makanan Nabati :

Terdiri dari 50% Biji bijian, beras merah, pasta yang terbuat dari gandum, sereal, roti yang terbuat dari gandum, polong polongan seperti kacang kedelai, kacang merah, kacang garbanzo, kacang pinto, kacang dara. 30% sayuran hijau dan kuning, umbi umbian seperti kentang,wortel,ubi jalar,dan sayuran laut. 5-10% buah buahan biji dan kacang kacangan.

10-15% protein jenis hewani ( tidak lebih dari 85-115 gram per hari ):

Ikan jenis apa saja, sebaiknya yang berukuran kecil. Karena ikan ukuran besar mengandung merkuri. Jenis unggas, sapi dan domba.

Makanan yang harus dihindari atau dibatasi dalam pola makan:

Produk susu seperti susu sapi, keju, yoghurt, teh hijau jepang, teh cina, teh inggris ( dibatasi 1-2 cangkir per hari ),kopi, nikotin, alkohol, cokelat, makanan berminyak.

Rekomendasi Pola makan Tambahan :

Berhentilah makan 4-5 jam sebelum tidur

Kunyahlah setiap suap 30-50 kali

Konsumsi biji bijian dan sereal utuh yang tidak diolah

Konsumsi lebih banyak makanan mentah atau sedikit dikukus, karena memanaskan makanan lebih dari 48 derajat celcius akan menghancurkan enzim

Tidak konsumsi makanan yang sudah teroksidasi

Konsumsi makanan Fermentasi

Disiplin dengan makanan karena ingat : Anda adalah apa yang anda makan.

2. Air yang baik

Air sangat penting bagi kesehatan, meminum air yang memiliki kekuatan reduksi yang kuat dan belum terpolusi dengan zat kimia. Minumlah “air yang baik” seperti air mineral atau air sadah yang memiliki banyak kalsium dan magnesium. Dapat menjaga tubuh tetap pada pH basa yang optimal. Air Kangen termasuk air yang baik.

3. Buang air besar secara teratur

Tidak menggunakan obat pencahar

4. Olahraga secukupnya

Olahraga yang sesuai dengan usia dan kondisi fisik, sebagai contoh berjalan sejauh 4 Km, berenang, tenis, bersepeda, latihan penguatan otot seperti yoga, seni bela diri dan aerobik.

Tidur setiap malam 6-8 jam tanpa terputus

Tidak makan atau minum sebelum tidur

5. Pernapasan dan Meditasi

Melakukan meditasi setiap hari

Berfikir positif

Mengenakan pakaian longgar

6. Kebahagiaan dan kasih sayang

Kebahagiaan dan kasih sayang dapat meningkatkan enzim ajaib dalam tubuh, meluangkan waktu untuk sikap menghargai, tertawa, bernyanyi, menari, hiduplah dengan penuh gairah dan hadapi hidup, pekerjaan dan orang orang yang anda cintai dengan sepenuh hati.

No comments: