Sunday 31 March 2013

Risiko Wanita Overweight Saat Hamil


Memiliki berat badan di atas rata-rata atau overweight sebelum kehamilan akan membuat seorang wanita memiliki risiko yang besar untuk terkena sejumlah penyakit komplikasi yang berkaitan dengan kehamilan. Dr. Sohinee Bhattacharya dari Aberdeen Maternity Hospital dalam paparannya melalui Journal BMC menyatakan setidaknya wanita overweight ini akan terancam terkena pendarahan yang hebat.

Untuk memastikan dampak berat badan dalam kaitannya dengan risiko selama kehamilan, Dr. Sohinnee Bhattacharya menggunakan data dari 24.000 wanita di Inggris yang melakukan persalinan antara kurun waktu 1976 sampai 2005.

Sejumlah masalah berkaitan dengan kehamilan seperti tekanan darah tinggi, pre-eklampsia dan lahir secara prematur menurut analisa Dr. Sohinee, berkaitan erat dengan masalah berat badan.

Hasil penelitian yang dipublikasikan melalui Journal BMC itu juga sekaligus memberikan paparan bahwa selain wanita overweight, para wanita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas juga memiliki risiko yang besar untuk terkena dampak ini. Bahkan pada kasus wanita obesitas tertentu, risiko itu bisa mengancam si ibu sekaligus si jabang bayi.

Dr. Sohinee memasukkan risiko yang dihadapi oleh para wanita overweight ini ke dalam kategori high risk. Bila dibandingkan dengan para wanita yang memiliki berat badan normal, para wanita overweight sekitar 50% akan mengalami masalah dengan pendarahan pasca kelahiran dan sekitar dua kali lebih besar terancam melahirkan secara prematur serta setidaknya memerlukan proses persalinan melalui operasi caesar.

Tak heran dengan kondisi ini, para wanita overweight juga mengalami ancaman kematian yang sangat tinggi. Hasil tersebut sangat kontras dengan para wanita yang memiliki berat badan di bawah normal, dimana mereka tidak memiliki risiko apapun.

Satu hal terpenting menurut Dr. Sohinee adalah agar diperhatikan dengan benar mengenai perkembangan berat badan sebelum dan selama hamil. Seorang wanita yang overweight sebaiknya mau menurunkan berat badannya sebelum hamil.

No comments: