Sunday 30 December 2007

Tentang Kolik

Kolik sebenarnya bukanlah penyakit, tapi lebih tepat jika digolongkan sebagai istilah umum untuk menjelaskan sebuah kondisi pada bayi. Apa saja gejala bayi yang mengalami kolik?

Gejala utamanya adalah rewel yang berkepanjangan, yang disertai dengan tangisan. Biasanya kondisi ini terjadi menjelang sore hingga waktu tidurnya. Diperkirakan sekitar 20% bayi mengalami kolik dan biasanya terjadi ketika berumur 2-4 minggu.

Tangisan kolik berbeda dengan tangisan biasa. Bayi yang menangis ketika dalam kondisi ini biasanya terlihat sangat kesal dan sedih.

Hingga saat ini, masih belum diketahui dengan jelas apa penyebab kolik. Ada yang mengatakan penyebabnya adalah makanan dari ibu yang menyusuinya, alergi bayi terhadap susu botol, kecemasan orang tua, dan sebagainya.

Bisa jadi semua yang dikatakan itu benar, atau bisa jadi juga semuanya salah…

Yang jelas, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan bayi Anda seandainya ia mengalami kolik.

Pertama, pastikan bayi Anda tidak kelaparan atau popoknya sudah terlalu basah dan kotor. Pastikan tidak ada sesuatu yang membuatnya gelisah.

Anda juga harus bisa memastikan bahwa si kecil tidak dalam kondisi serius yang membutuhkan penanganan dokter atau perawat.

Anda juga harus belajar benar-benar memahami bayi Anda. Apa yang bisa menenangkan bayi lain, belum tentu bisa menenangkan bayi Anda!

Coba lakukan berbagai gerakan atau suara yang bisa menenangkannya. Berikan ayunan yang lembut atau suara-suara yang menyejukkan.

Coba letakkan bayi Anda di lingkungan yang nyaman, seperti kamar dengan lampu yang redup dan jauh dari keramaian. Atau coba juga mengajaknya berkeliling dengan kereta bayi.

Terkadang akan membantu juga jika Anda mengelus-elus punggung, perut atau kepalanya. Sebagian bayi ada juga yang merasa nyaman ketika dimandikan dengan air hangat.

1 comment:

B 1 NT said...

Apakah kolik bisa terjadi pada orang dewasa? Kemarin selama hampir 10 jam perut saya terasa melilit sangat nyeri disertai muntah-muntah. Dokter mengatakan saya kena kolik, diberi obat Hyoscine N butylbromide 10 mg dan Ranitidine 150 mg, setelah minum pada jam 19.00 saya tertidur sampai jam satu pagi. Alhamdulillah sampai saya nulis ini sudah tidak terasa lagi.