Sunday 30 December 2007

Hormon Estrogen Pengaruhi Kesuburan

Sejak tahun 1950, di Australia telah dikenal pemberian dengan hormon estrogen untuk mengurangi tinggi badan. Hormon Estrogen ini akan mengurangi perkembangan dari tulang-tulang panjang dan dilaporkan mampu menurunkan tinggi badan orang dewasa sebesar 1.8 - 10.2 cm.

Tapi penggunaan Estrogen ini untuk? menurunkan tinggi badan gadis-gadis yang tinggi, ternyata dapat mempengaruhi kesuburan mereka nantinya. Dari penelitian terlihat, bahwa gadis-gadis ini akan lebih sulit untuk dapat hamil dan dua kali lebih sering memerlukan bantuan untuk mengatasi masalah kesuburannya.

Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli-ahli di Australia terhadap 1.243 wanita yang mencoba untuk mendapat terapi hormon estrogen ini sejak tahun 1959. Dan separuhnya benar-benar mendapat terapi hormon ini.

Walaupun penggunaan hormon estrogen untuk mengurangi tinggi badan telah lama dikhawatirkan dapat mempengaruhi kesuburan para gadis, tapi penelitian untuk memastikannya baru pertama kali ini dilakukan. Dan penelitian pertama ini membutuhkan penelitian lanjutan dengan skala yang lebih besar untuk menjelaskan secara terperinci bagaimana pemberian hormon estrogen dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita.

Sumber: Jurnal The Lancet

No comments: