Monday 24 December 2007

6 Strategi Turunkan Berat Badan

Bagi sebagian besar orang, menurunkan berat badan bukan persoalan mudah. Ada beragam cara yang ditawarkan berbagai pihak. Kita perlu paham bahwa yang paling mendasar dalam program penurunan berat badan adalah tetap mengombinasikan antara pemasukan energi atau makan dengan pengeluaran energi atau olahraga.

Anda perlu membuat perubahan permanen dalam perilaku dan menentukan bagaimana perubahan permanen itu mesti dibuat. Untuk itu, ikutilah beberapa hal berikut :

1. Buat Komitmen

Menurunnya berat badan secara permanen butuh waktu dan upaya. Ini mebutuhkan fokus dan komitmen sepanjang hidup. Pastikan bahwa Anda siap melakukan perubahan dan yakinkan diri bahwa langkah Anda ini benar.

Tak seorang pun yang bisa menurunkan berat badan. Faktanya, justru tekanan dari luar, meski itu dari orang terdekat Anda justru membuat segalanya meburuk.

Saat Anda memulai perubahan ini, coba selesaikan masalah lain. Fokus ke program jelas butuh energi. Jadi, pastikan kalau fokus Anda tidak terpecah.

2. Carilah Dukungan Emosional

Hanya Anda yang mampu membantu suksesnya program ini dengan bertanggung jawab pada perilaku yang diharapkan. Namun bukan berarti semuanya mesti dijalani sendiri. carilah dukungan moril dari pasangan, keluarga dan teman.

Carilah orang yang benar-benar menaruh perhatian pada Anda dan mampu memberi dukungan. Dengannya Anda diharapkan mampu konsisten dengan semua perubahan yang hendak dijalankan.

3. Buatlah tujuan yang realistis

Saat Anda mulai mempertimbangkan apa yang Anda harapkan dari perencanaan makan dan latihan yang hendak dijalankan, cobalah untuk realistis. Berat badan menurun pelan namun pasti. Tetapkan tujuan untuk penurunan berat setengah sampai satu kilogram per minggu. Untuk itu, Anda perlu membakar 500 hingga 1000 kalori lebih dari konsumsi yang Anda masukkan.

Menurunkan berat dengan cepat berarti Anda juga menghilangkan air dan jaringan otot, bukannya lemak. Tetapkan proses sebagai tujuan seperti olahraga teratur daripada menetapkan hasil sebagai tujuan (misalnya turun hingga 25 kilo).

Mengubah proses-kebiasaan- merupakan kunci menurunnya berat badan. Dan pastikan bahwa tujuan itu benar-benar realistis, spesifik, terukur. Contohnya, Anda akan berjalan kaki setiap hari 30 menit, sebanyak lima kali seminggu.

4. Nikmati Makanan Sehat

Beradaptasi dengan program baru ini berarti Anda menyadari sedang menurunkan asupan total kalori. Bukan berarti hal ini menurunkan selera, kepuasaan makan.

Anda bisa mulai dengan menyukai makanan-makanan mengenyangkan tetapi menyehatkan, berakalori rendah seperti buah, sayuran, juga kacang-kacangan.

5. Aktiflah dan Tetap Bergerak

Sekedar diet tak mengubah bobot Anda. Sambil memangkas kalori dari makanan yang diasup per minggu hingga 3500 kalori (setengah kilogram), Anda perlu berjalan kaki selama tiga puluh menit setiap hari selama lima kali dalam seminggu. Ini akan meningkatkan penurunan berat.

Tujuan olahraga pada dasarnya membakar kalori, meski ada manfaat lain yang juga bagus. Dan seberapa banyak kalori yang Anda bakar tergantung dari kekerapan, durasi serta intensitas aktivitas.

Salah satu cara terbaik untuk melepas lemak adalah dengan tetap melakukan latihan erobik seperti berjalan lebih dari 30 menit. Bila mungkin setiap hari.

Meski jadual erobik teratur merupakan cara terbaik menurunkan berat, ekstra aktivitas akan membantu pembakaran kalori. Gaya hidup harian bisa Anda manfaatkan untuk itu, misalnya dengan mencoba memilih tangga daripada lift. Atau besepeda saat pulang kantor daripada bermotor.

6. Ubah gaya hidup

Tidak cukup hanya dengan makan sehat dan latihan selama beberapa minggu atau bulan. Anda mesti memasukkan program perubahan perilaku. Mulai dengan memperhatikan hal-hal seperti jenis makanan yang dikonsumsi, istirahat, pekerjaan, serta kebiasaan lain yang tidak mendukung. Buang semua itu dan mulai dengan program yang baru.

Sumber: Gaya Hidup Sehat

No comments: