Sunday 30 December 2007

Akupunktur Atasi Alergi Saluran Nafas Si Kecil

Akupunktur ternyata dapat bermanfaat untuk si kecil yang masih berusia 6 tahun, dalam mengatasi alergi kronis pada saluran nafasnya. Alergi yang ditandai dengan gejala seperti bersin, nafas tersumbat dan keluarnya ingus dapat diatasi denagn pemberian akupunktur selama 2-3 bulan.

Gejala alergi saluran nafas ini timbul karena adanya alergen di lingkungan seperti debu, bulu binatang atau serbuk sari yang bereaksi dengan sistem daya tahan tubuh yang abnormal. Dengan akupunktur, sistem daya tahan tubuh diperbaiki.

Penelitan ini dilakukan oleh para ahli di Hong Kong, terhadap 85 penderita alergi yang berusia antara 6 hingga 19 tahun. Anak-anak ini telah menderita alergi pada saluran nafasnya sekurangnya selama 4 minggu dan pada pemeriksaan alergi memberikan hasil yang positif. Sebagian dari mereka dipilih secara acak untuk menjalani pengobatan akupunktur dua kali dalam seminggu selama 8 minggu. Sebagian lagi, diberikan akupunktur palsu.

Mereka semua tidak diberikan obat anti alergi selama pengobatan berlangsung, tapi mereka diperbolehkannya mengkonsumsinya bila gejala alerginya muncul dan memburuk.

Hasilnya, anak-anak yang mendapat pengobatan akupunktur melaporkan bahwa mereka mengalami gejala alergi yang berkurang dan lebih jarang mengalami kekambuhan, dibanding dengan yang mendapat pengobatan akupunktur palsu.

Akupunktur yang berasal dari pengobatan tradisional Cina, bekerja dengan cara merangsang titik-titik tertentu di tubuh, untuk menghasilkan ''energi'' yang berguna untuk penyembuhan. Sedang berdasarkan penelitian modern, akupunktur bekerja dengan cara merubah signal dari sel saraf atau dengan merangsang pelepasan senyawa kimiawi dari sistem saraf pusat.

Sumber: Jurnal Pediatrics

No comments: