Sunday 30 December 2007

Kencing Manis

Penyakit kencing manis merupakan suatu kondisi tubuh memiliki gula darah melebihi angka normal. Berkisar antara 80 - 120 mg. Penderita kencing manis dapat memiliki gula darah sebesar 2000 mg atau lebih.

Kondisi yang demikian terjadi karena kurangnya produksi insulin oleh pankreas yang menghasilkan hormon insulin untuk mengolah zat gula dalam tubuh. Gula darah yang tinggi secara terus menerus dan dalam waktu berkepanjangan, akan menimbulkan gangguan pada pembuluh darah, ginjal, hati, termasuk luka yang sulit sebuh (khususnya pada kaki). Hal ini disebabkan karena pembuluh darah menyempit sehingga luka tidak mendapat persediaan darah yang cukup. Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan luka menjadi busuk.

Penyakit kencing manis sebenarnya dapat dikontrol. Kadar gula diupayakan tetap dalam kisaran angka normal, dengan cara mengatur makan, minum obat, rajin mengontrol darah, berolahraga teratur, tetap menjaga kebersihan, dan hindari terjadinya luka. Jika terluka, jaga agar daerah luka selalu bersih.

No comments: