Wednesday 31 October 2012

Vitamin Ibu Hamil Dapat Menekan Risiko Tumor Otak


Wanita yang mengonsumsi multivitamin pada awal kehamilannya ternyata dapat menurunkan risiko terjadinya tumor otak. Pernyataan tersebut dikutip dari Medical News Today.

Saat ini berbagai kelompok kesehatan masyarakat banyak menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi multivitamin yang mengandung asam folat pada awal kehamilannya untuk menekan janin mengalami gangguan neural tube. Penelitian lainnya juga menjelaskan adanya manfaat lain dari multivitamin yang dikonsumsi oleh ibu pada awal kehamilannya.

Diketahui bahwa anak yang berasal dari ibu yang rutin mengonsumsi multivitamin pada masa kehamilannya tampak akan berkurang risiko untuk terkena medulloblastoma dan tumor neuroectodermal di otaknya.

Pada masa anak-anak, kejadian tumor otak memang lebih jarang terjadi, namun medulloblastoma merupakan urutan kedua teratas sebagai penyebab tumor pada anak. Kejadiannya yaitu satu dari 20.000 anak yang berusia dibawah 6 tahun dan biasanya terjadi di cerebellum, di bawah portio dari otak, dan di area otak yang berfungsi mengatur gerakan. Primitive neuroectodermal tumors (PNET) mirip dengan medulloblastoma, namun terjadinya di bagian lain dari sistem saraf pusat.

Penelitian tersebut membandingkan 315 anak yang didiagnosis menderita tumor sebelum usia 6 tahun. Selama penelitian, mereka telah didiagnosis antara tahun 1991 hingga 1997. Para ahli melakukan penelitian dengan cara memberikan pertanyaan kepada ibu para penderita.

Efek perlindungan pada ibu yang mengonsumsi multivitamin pada awal masa kehamilan memang sangat signifikan. Namun jika multivitamin baru dikonsumsi pada kehamilan melewati trimester satu tampaknya tidak menunjukkan hasil yang signifikan dalam menurunkan risiko terjadinya medulloblastoma dan PNET. Penelitian itu menyimpulkan bahwa saat konsepsi adalah waktu yang paling baik atau critical period dari perkembangan tumor otak. Meskipun demikian, cukup banyak ibu hamil yang tidak menyadari kehamilannya pada minggu-minggu pertama.

Mengonsumsi multivitamin pada minggu-minggu pertama kehamilan terbukti sangat membantu mencegah terjadinya efek neural tube dan mencegah berbagai macam jenis tumor otak pada anak.

Sumber: Medical News Today

No comments: