Wednesday 31 October 2012

Rahasia Perawatan Kulit Wajah Untuk Kulit Sensitif


Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, ada yang kulitnya kering, normal, berminyak, kombinasi, ada juga yang memiliki kulit sensitif. Orang yang memiliki kulit sensitif biasanya lebih responsif terhadap hal-hal yang mengenai kulitnya, mulai dari produk perawatan kulit yang digunakan, cuaca, kebersihan, makanan, atau air yang mengenai kulitnya.


Jadi bagaimana seharusnya perawatan kulit wajah untuk kulit sensitif yang baik dan benar? Berikut rahasianya!

Wewangian Dalam Produk Kecantikan

Wewangian yang dicampur pada kosmetik dapat menjadi penyebab timbulnya alergi pada kulit yang sensitif. Aroma- aroma seperti jeruk, daun mint, ataupun aroma wewangian bunga merupakan pemicu alergi pada kulit. Sebaiknya saat memilih kosmetik, pilihlah yang berjenis fragrance free juga terdapat label hypoallergenic dan bebas formaldehida pada kemasannya sehingga bagi anda yang berkulit sensitif tidak akan iritasi jika menggunakan produk kosmetik tersebut.

Bahan Aktif

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah bahan aktif dalam sabun pembersih wajah, sebab ada bahan aktif yang dapat menimbulkan reaksi pada kulit sensitif. Ada satu bahan aktif yang bernama sodium lauril sulfat yang bersifat keras yang ditemukan pada beberapa produk pembersih wajah. Jadi, bila kulit anda sensitif sebaiknya anda juga mulai mengantisipasi hadirnya bahan ini pada pembersih wajah anda, karena dapat menjadi masalah bagi kulit sensitif anda.

Pada sejumlah merk sabun juga ternyata ditemui yang memiliki kandungan triclosan dan tetrasodium EDTA. Kedua bahan ini juga tidak baik bagi kulit sensitif arena bahan ini membuat kulit jadi semakin kering. Sebab selain menghisap kelembaban alami kulit, bahan aktif tersebut juga dapat menyebabkan gatal- gatal hingga terkelupasnya kulit akibat iritasi yang diderita.

Pelembab dan Sunblock

Kulit yang sensitif biasanya sering mengalami kondisi kulit yang terlalu kering atau terlalu berminyak. Oleh sebab itu, gunakan produk kecantikan yang sesuai dengan kulit anda. Gunakan pelembab yang sesuai dan dirancang khusus untuk kulit tropis. Sebab, kandungan dalam produk untuk kulit tropis sudah diperhitungkan agar tidak menimbulkan iritasi.

Selain itu,sinar matahari pun dapat menimbulkan efek rekasi pada kulit sensitif, yang biasanya disebut photosensitivity. Dalam hal ini, sinar UV memutasikan protein- protein yang terdapat pada sel kulit dan juga menyebabkan kulit yang terkena sinar UV menjadi berwarna kemerahan dan terasa menyengat. Jadi ada baiknya anda juga mempersiapkan sunblock yang sekaligus melindungi kulit anda dari sinar UV A dan UV B sekaligus.

No comments: