Wednesday 31 October 2012

Alkohol Turunkan Produksi ASI


ASI, Air Susu Ibu, memberikan banyak manfaat baik bagi ibumaupun si kecil. Oleh karena itu, gizi untuk ibu menyusui sangatlah penting untuk diperhatikan, agar ASI yang keluar tetap lancar dan sehat untuk si kecil.

Ibu menyusui yang mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan produksi ASI berkurang. Ini berdasarkan penelitian yang dilakukan di Pennsylvania, Amerika Serikat, untuk melihat efek dari konsumsi 2 gelas anggur pada 17 orang wanita. Hasilnya, ibu yang mengkonsumsi alkohol, ASI-nya sedikit yang dikeluarkan. Ibu-ibu ini mempunyai bayi yang berusia antara 2 hingga 4 bulan. Ibu-ibu ini diberikan jus jeruk yang mengandung alkohol pada satu hari dan hari berikutnya hanya diberikan jus jeruk biasa.

Setelah mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, kadar hormon Oksitosin menurun rata-rata hingga mencapai 78%, sedang hormon Prolaktin meningkat hingga 336%. Ini membuat ibu-ibu memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengeluarkan ASI yang pertama dan secara keseluruhan ASI yang diproduksi lebih sedikit dari biasanya.

Hal ini menunjukkan bahwa alkohol akan menganggu pelepasan dua jenis hormon yang berperan dalam produksi ASI, yaitu Oksitosin dan Prolaktin.

Penelitian ini penting untuk ibu-ibu karena ada mitos di masyarakat yang mengatakan bahwa mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan produksi ASI. Dan bila ibu-ibu ingin meningkatkan kualitas maupun kuantitas ASi, alkohol bukanlah cara yang tepat untuk itu dan penelitian membuktikan hal sebaliknya dapat terjadi.

Bagaimana pengaruh alkohol terhadap kesehatan bayi itu sendiri? Hingga saat ini, belum ada bukti bahwa konsumsi sedikit alkohol dari ibu menyusui dapat membahayakan kesehatan bayinya.

Sumber: The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism

No comments: