Wednesday 31 October 2012

Tai Chi


Tai Chi merupakan gerak tubuh yang memadukan latihan pernafasan dan meditasi. Tai Chi diambil dari seni perang kuno. Tai Chi pada dasarnya memanfaatkan kekuatan yin (yang berasal dari bumi) dan yang (yang berasal dari langit). Kekuatan-kekuatan itu kemudian dipadukan melalui latihan-latihan fisik untuk membentuk suatu formasi gerakan yang memberikan keseimbangan dan keharmonisan.

Tai Chi bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan dan kekuatan tubuh, menjadikan pernafasan lebih kuat. Walau demikian, penelitian yang dilakukan di Belanda justru meragukan khasiat Tai Chi terutama jika Tai Chi dikaitkan untuk mencegah jatuh pada lansia.

Tai Chi berguna untuk meningkatkan keseimbangan dengan melakukan berbagai rangkaian latihan yang dilakukan secara teratur.

Para peneliti menemukan tidak ada perbedaan keseimbangan, takut jatuh, tingkat aktivitas fisik, dan status fungsional di antara kelompok orang yangmelakukan tai chi dan latihan biasa. Logghe dari Rotterdam menyarankan agar latihan Tai Chi dibatasi hanya untuk mencegah jatuh yang tinggal di rumah dan memiliki resiko jatuh yang tinggi.

No comments: