Wednesday 31 October 2012

Perinatal


Spesialis anak bukan istilah yang asing didengar. Sebagian anak pernah berurusan dengan dokter yang satu ini. Dokter spesialis anak memang dokter yang mengkhususkan diri dalam keahlian untuk mengatasi berbagai penyakit yang mengenai si buah hati.

Tapi ternyata ada dokter anak yang lebih mengkhususkan diri lagi menjadi ahli perinatologi. Apa sih perinatologi itu?

Istilah perinatologi berasal dari kata perinatal. Perinatal adalah masa menjelang seorang bayi dilahirkan sampai satu bulan sesudah dilahirkan. Masa ini adalah masa yang sangat penting dalam kehidupan seseorang mengingat banyak hal yang berubah dalam masa ini. Jadi, perinatologi adalah ilmu yang mempelajari berbagai hal yang menyangkut perinatal.

Sebelum dilahirkan, bayi berada dalam lingkungan yang nyaman dan terlindung. Ia berada dalam kandungan sang ibu yang hangat dan aman. Begitu dilahirkan, semuanya langsung berubah. Ia dihadapkan pada lingkungan yang terus berubah dan ia harus belajar untuk beradaptasi dengan hal tersebut. Suhu yang lebih dingin, cahaya yang lebih menyilaukan dan banyak lagi hal lain yang harus ia hadapi. Belum lagi serbuan kuman penyakit yang menyerangnya.

Tidak salah bila masa ini disebut sebagai masa paling berbahaya dalam kehidupan seseorang. Bayangkan saja, seseorang yang begitu kecil dan mungil harus berpindah secara mendadak dari sebuah lingkungan yang aman dan nyaman ke lingkungan yang sama sekali berbeda. Maka tidak aneh pula bila ada dokter-dokter anak yang terpanggil untuk mempelajari masalah perinatologi ini lebih dalam lagi.

Apa saja yang berubah?
Banyak hal yang berubah. 9 bulan lebih lamanya seorang bayi mendapat makanan dari ibunya melalui plasenta, bukan melalui mulutnya. Ia mendapat oksigen dari plasenta, bukan melalui hidungnya. Dan bahkan, sisa-sisa metabolisme pun ia keluarkan melalui plasenta. 9 bulan lamanya sang bayi telah beradaptasi dengan lingkungan dalam kandungan dan secara mendadak semuanya harus berubah.

Untuk dapat beradaptasi, semua sistem organ dalam tubuh bayi harus siap mengantisipasi perubahan yang terjadi. Selama dalam kandungan, sistem organ memang telah dibangun untuk menghadapi perubahan tersebut. Sistem tersebut harus sudah siap sebelum seorang bayi dilahirkan. Bila tidak, berbagai masalah akan muncul. Itulah sebabnya mengapa harapan hidup bayi-bayi prematur lebih kecil dibanding mereka yang lahir cukup bulan. Sistem organ terkadang belum cukup matang bila bayi telah lahir sebelum waktunya.

No comments: