Thursday 31 October 2013

Rooming In di Rumah Bersalin


Perawatan rooming in sangat memungkinkan untuk bayi lahir normal, bayi premature bahkan bayi yang lahir melalui operasi Caesar sekalipun.

Dengan adanya sistem perawatan kangaroo care semakin bisa mendekatkan bayi dengan ibunya. Perawatan dengan memasukkan bayi kebaju ibu, sehingga kulit bayi menempel kekulit ibunya. Sentuhan panas tubuh ibu akan menghangatkan bayi. Hal ini akan membuat bayi lebih cepat survive. 

Rooming in akan membantu memperlancar pemberian ASI. Karena dalam tubuh ibu menyusui ada hormon oksitosin. Hormon ini sangat berpengaruh pada keadaan emosi ibu. Jika Ibu tenang dan bahagia karena dapat mendekap bayinya, maka hormon ini akan meningkat dan ASI pun cepat keluar. Sehingga bayi lebih puas mendapatkan ASI .

Manfaat lain dari perawatan rooming in bagi bayi akan lebih cepat menyesuaikan dengan waktu tidur dan bangun dengan ibu. Selain itu jika bayi menangis akan langsung didekap ibu sehingga bayi akan tenang mendengarkan detak jantung ibu.

Bagi Ibu, perawatan rooming in akan memperkecil resiko mengalami depresi pasca melahirkan, karena ibu merasakan daya tarik tersendiri terhadap bayinya dan membuat rasa sayang kepadanya.

No comments: