Thursday 31 October 2013

Apa itu Whey?


Whey adalah salah satu jenis bahan dasar (komposisi) yang digunakan dalam pembuatan suatu produk. Penggunaan whey dalam industri pangan saat ini cukup luas. Whey banyak digunakan dalam produk seperti susu bayi, susu bubuk, permen, makanan bayi, dan juga pada flavor. Salah satu tujuan penggunaan whey adalah untuk mereduksi biaya produksi.

Whey merupakan limbah dari pembuatan keju atau limbah pembuatan mentega. Whey dengan kata lain adalah serum susu, komponen utamanya terdiri dari:
  1. Laktosa (4-7%)
  2. Protein (0.6 - 1%)
Limbah whey di seluruh dunia dapat mencapai sekitar 118 juta ton per tahun, dimana 66%-nya adalah di Eropa, 25% di USA, dan sisanya 9% tersisa di negara-negara lain.

Ditinjau dari titik kritis kehalalannya, whey dapat bersumber dari pembuatan keju atau mentega. Dalam pembuatan keju, yaitu adanya penggunaan enzim renet dan pepsin. Sedangkan pada limbah mentega, kemungkinan penggunaan gelatin yang ditambahkan sebagai pengatur tekstur dan kelembutan.

Jenis whey ada beberapa macam, tergantung pada jenis asam atau enzim yang digunakan dalam pembuatan keju. Whey manis berasal dari limbah keju yang menggunakan enzim sebagai metode koagulasi-nya, sedangkan whey asam diperoleh dari metode koagulasi yang menggunakan asam, dan yang terakhir adalah jenis whey teknis yang menggunakan asam selain asam laktat, seperti HCl dan asam sulfat.

No comments: