Thursday 31 October 2013

Prinsip Diet bagi Diabetisi


Makanan yang dianjurkan untuk diabetisi (individu dengan penyakit diabetes) sebaiknya mengandung zat gizi dengan komposisi karbohidrat 55-75% (dari jumlah total kebutuhan kalori), protein 10-20%, dan lemak 20-30%.

Prinsip diet bagi diabetisi adalah sebagai berikut:
1. Konsumsi karbohidrat kompleks, antara lain: nasi, kentang, pasta (makaroni, sphageti, dan lain-lain), mie, bihun, roti, sereal, kacang polong, sayuran, dan kacang merah.
2. Konsumsi makanan berserat tinggi, misalnya: roti berserat kasar, kacang polong, kacang merah, sayuran, dan buah segar.
3. Kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak (mentega/ margarin, minyak, krim, keju, sosis, es krim, kue atau roti bercita rasa manis).

Prinsip pembagian porsi makanan sehari-hari untuk diabetesi, diusahakan agar porsi tersebar sepanjang hari dengan jadwal tiga kali makan utama dan tiga kali selingan.

Terkena penyakit Diabetes memang merupakan suatu tantangan tersendiri bagi Anda. Tetapi ini bukan berarti Anda tidak dapat lagi menikmati hidup. Yang penting adalah kendalikan kadar gula darah Anda dengan menjalani perilaku hidup sehat, misalnya makan makanan bergizi secara seimbang dan tepat. Niscaya Anda akan merasa lebih sehat dan bahagia!

No comments: