Thursday 31 October 2013

Apakah Si Kecil Sudah Siap Makan ?


Pertumbuhan dan perkembangan si kecil dibarengi dengan meningkatnya kebutuhan akan zat-zat gizi. Oleh karena itu, pemberian ASI / formula harus didampingi dengan pemberian makanan padat. Kapan saat yang tepat untuk memulainya dan apa yang sebaiknya Ibu berikan?

Buah hati ibu memerlukan asupan nutrisi yang memadai agar proses tumbuh kembangnya berlangsung secara optimal. Memasuki usia 6 bulan, si kecil memerlukan makanan tambahan selain ASI / formula guna memenuhi kebutuhannya akan zat-zat gizi. Pada masa penyapihan ini, Ibu harus sudah mulai memperkenalkan makanan padat sebagai pendamping dari ASI maupun susu formula.

Tumbuh Kembang Bayi
Perkembangan yang pesat dari si kecil terjadi pada usia 2 hingga 6 bulan. "Semburan" perkembangan otak dapat ibu lihat dari meningkatnya kemampuan si kecil dalam berinteraksi dan beradaptasi dengan sekelilingnya. Jika sebelumnya si kecil tidur dengan pola yang tidak beraturan, maka sejalan dengan meningkatnya kematangan otak, pola tidurnya menjadi lebih teratur, dan tidur malamnyapun menjadi lebih panjang. Si kecil juga menjadi lebih waspada dan lebih 'gaul' dengan orang-orang di sekelilingnya, karena memasuki usia 3 bulan, fungsi penglihatannya sudah menyamai orang dewasa. Meningkatnya kematangan otak juga akan menyebabkan meningkatnya pengendalian motorik mulut, dimana si kecil tampak mulai bisa mengatur hisapannya dan mulai berlatih mengunyah. Apalagi jika gigi pertamanya sudah mulai tumbuh, si kecil akan semakin senang memasukkan benda-benda yang bisa digenggamnya ke dalam mulut, sehingga kemungkinan masuknya kuman penyebab penyakit menjadi lebih besar.

Untuk mendukung semua proses tumbuh kembang tersebut, maka sebaiknya ibu memberikan makanan pendamping ASI / formula bergizi tinggi, yang mengandung:
  1. Zat yang penting untuk pertumbuhan otak (misalnya AA dan DHA)
  2. Zat gizi yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh (misalnya prebiotik).
  3. Zat gizi untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi (kalsium).
      Berbagai vitamin dan mineral penting lainnya.

No comments: