Wednesday 30 January 2013

Wanita Muda Lebih Mudah Kecanduan


Sebuah survei yang dilakukan para peneliti dari National Center on Addiction and Substance Abuse di Universitas Columbia mendapatkan bahwa para wanita muda ternyata lebih mudah mengalami kecanduan obat, alkohol dan kokain.

Para gadis dan wanita muda ternyata lebih mudah untuk terikat dan mereka dapat mengalami kecanduan hanya dengan pemakaian dosis yang lebih kecil. Selain itu, penderitaan akibat efek samping akan lebih cepat timbul dan lebih berat.

Penelitian yang dilakukan di Amerika dan melibatkan para wanita berusia antara 8 dan 22 tahun itu juga memperlihatkan bahwa perbedaan gender dalam hal merokok, minum alkohol dan pemakaian obat terlarang semakin sempit. Hal ini tentu saja sangat menyedihkan.

Motivasi yang menyebabkan para wanita itu terlibat ternyata berbeda dengan pria. Kalau pria melakukannya demi meningkatkan status sosialnya, maka alasan para wanita melakukan hal tersebut adalah keinginan untuk mengurangi stres dan mengatasi depresi.

Para wanita yang mengalami pubertas lebih awal, mereka dengan masalah gangguan makan atau mereka yang teraniaya baik fisik maupun seksual mempunyai kemungkinan lebih besar untuk mengalami hal tersebut. Selain itu, kecenderungan tersebut juga membesar saat mereka pindah ke komunitas yang baru atau naik kelas dari SMP ke SMA atau dari SMA ke Universitas.

Melihat hal tersebut, para ahli menyarankan perlunya program penanganan yang baru dan berbeda antara wanita dan pria untuk mengatasi hal tersebut. Karena dasar penyebab yang berbeda, berbagai program yang ada saat ini mungkin tidak begitu cocok bila diterapkan untuk wanita.

No comments: