Wednesday 30 January 2013

Stroke Mata Sebabkan Kebutaan


Mata terkadang secara mendadak tidak mampu melihat dengan jelas. Umumnya disertai rasa sedikit pedih. Kejadian tersebut biasanya muncul setelah kita terlalu lama berada di depan computer atau televisi. Namun jika frekuensi gangguan penglihatan tersebut semakin sering terjadi, bisa saja itu merupakan awal mula terjadinya stroke mata.

Stroke mata ialah sumbatan yang terjadi secara mendadak pada pembuluh darah di retina. Pembuluh yang tersumbat bisa pembuluh darah nadi atau balik. Pembuluh darah nadi ialah pembuluh yang dialiri darah dari jantung ke mata. Sedangkan pembuluh darah balik adalah pembuluh yang dialiri darah dari mata ke jantung.

Bila penyumbatan terjadi pada pembuluh darah nadi, situasinya lebih buruk. Sebab penanganannya lebih sulit, yaitu ditandai oleh penurunan ketajaman penglihatan yang mendadak, serta retina terlihat pucat karena kurang mendapatkan aliran darah.

Sedangkan bila yang tersumbat pembuluh darah balik, ditandai retina berwarna merah. Warna merah merupakan pendarahan akibat pecahnya pembuluh darah. Pembuluh darah bisa pecah karena tak mampu menahan tekanan aliran darah akibat adanya sumbatan. Penurunan ketajaman penglihatan tergantung derajat keparahan sumbatan dan letak sumbatan. Bila sumbatan cukup besar dan terjadi di tengah-tengah retina, seluruh saluran bisa terganggu. Menurut data sumbatan pembuluh darah di retina lebih banyak terjadi pada pembuluh darah balik dibandingkan pembuluh darah nadi.

Stroke mata umumnya terjadi pada usia tua, bisa pula usia muda, pria atau wanita memiliki resiko sama besar terkena penyakit ini. Berbagai faktor resiko terjadinya stroke mata, antara lain penderita penyakit darah tinggi, kencing manis, kolesterol tinggi, jantung, dan arterosklerosis (kekakuan pembuluh darah).

Pada usia muda, stroke mata bisa juga disebabkan oleh kekentalan darah. Penyebab lain adalah rokok. Rokok mengandung zat yang bisa menimbulkan penyempitan pembuluh darah. Bila faktor penyebabnya tidak segera teratasi, sumbatan bisa terjadi di tempat lain, misalnya di otak dan jantung.

Enam  cara menjaga kesehatan mata :
  1. Hindari membaca di ruangan dengan penerangan kurang terang atau sambil tiduran. Hal ini membuat mata cepat lelah.
  2. Jangan menonton TV terlalu dekat, karena sinar ultara violet yang dipancarkan tv dapat menggangu kesehatan mata.
  3. Bila bekerja di depan computer, 2 jam sekali beranjak sebentar dari depan computer agar mata tidak lelah.
  4. Bila mengendarai sepeda motor, menggunakan helm tertutup agar mata tidak terkena debu dan angin.
  5. Segera beri obat tetes mata bila mata terlihat merah, pedih atau gatal.
  6. Bila tidak kunjung membaik segera periksakan ke dokter mata. Sebaiknya control ke dokter mata minimal 6 bulan sekali, meskipun tidak ada keluhan. Tujuannya bila ada kelainan segera tertangani dengan baik.

No comments: