Wednesday 30 January 2013

Tindik Lidah Berisiko Fatal


Yang Perlu Diketahui Tentang LeukemiaTindik sudah bukan sesuatu yang baru lagi. Dahulu, yang paling sering ditindik adalah telinga bagi kaum hawa. Tapi kini, bukan saja untuk kaum hawa, dan yang ditindik juga sudah di berbagai macam tempat, misalnya hidung, bibir, alis mata hingga ke lidah.

Menurut para ahli pada Academy of General Dentistry, tindik lidah ini dapat berisiko serius, karena dapat menyebabkan terjadinya infeksi yang fatal seperti Angina Ludwig dan Endokarditis.

Lubang pada daerah tindikan di lidah, akan menjadi tempat masuknya kuman ke dalam pembuluh darah, sehingga infeksi-infeksi berat dapat terjadi. Apalagi, banyak tindik ini dilakukan oleh mereka yang tidak mempunyai latar belakang medis sehingga mereka tidak dapat memberikan pengobatan atau perawatan pasca tindakan untuk mencegah terjadinya infeksi.

Angina Ludwig adalah infeksi akut yang disebabkan oleh kuman Streptokokus, yang menginfeksi lapisan dalam dari dasar mulut, ditandai dengan pembengkakan yang dapat menutup saluran nafas. Sedang Endokarditis adalah infeksi pada endokardium (lapisan dalam jantung), yang dapat mengakibatkan kerusakan pada katup jantung.

No comments: