Wednesday 30 January 2013

Vitamin Kurangi Risiko Preeklamsia


Preeklamsia adalah stadium sebelum eklamsia (keracunan kehamilan) dengan gejala hipertensi, edema, dan albuminuria. Namun, risiko tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi vitamin tertentu. 

Jika saat ini Anda sedang hamil, janganlah segan untuk mengonsumsi vitamin. Penelitian di Inggris menunjukkan bahwa konsumsi vitamin dapat melindungi ibu hamil dari kemungkinan terjadinya komplikasi kehamilan yang berbahaya, seperti preeklamsia. Preeklamsia menyebabkan tekanan darah ibu hamil menjadi meningkat dan akhirnya bisa membahayakan dirinya maupun si bayi.

Di Inggris, kondisi preeklamsia ternyata dialami oleh sekitar 25.000 wanita hamil setiap tahunnya. Cara untuk menyelamatkan nyawa si ibu dan bayinya adalah dengan persalinan dini. Padahal, bayi yang lahir prematur rentan mengalami berbagai masalah berkaitan dengan usianya di dalam kandungan yang masih terlalu muda. Masalah itu antara lain adalah gangguan pernapasan, kebutaan, dan ketulian.

Gejala-gejala preeklamsia diduga berkaitan dengan produksi radikal bebas dari plasenta. Vitamin-vitamin (seperti vitamin C dan vitamin E) ternyata mampu membersihkan radikal bebas tersebut sehingga kondisi yang membahayakan seperti preeklamsia bisa dihindarkan sedini mungkin.

No comments: