Sunday 30 December 2012

Vitamin C saat Hamil Risiko Asma pada Bayi


Selama kehamilan, ibu hamil sering dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin karena mempunyai manfaat yang baik bagi kehamilannya. Tapi berdasarkan penelitian, ada beberapa vitamin yang tampaknya berpengaruh negatif pada sang bayi nantinya.

Konsumsi vitamin E selama kehamilan kelihatannya mampu menurunkan risiko asma pada sang anak, tapi sebaliknya konsumsi vitamin C tampaknya meningkatkan risiko tersebut.

Para peneliti dari Skotalandia telah melakukan survey terhadap hampir 2000 wanita sehat untuk mengetahui pengaruh dari vitamin yang dikonsumsi saat kehamilan terhadap asma dan eksim pada yang diderita sang bayi saat mencapai dua tahun pertama.

Hasilnya, kedua vitamin ini, vitamin C dan E berhubungan dengan risiko asma dan eksim pada saat si kecil berusia 1 tahun. Tapi saat si kecil menginjak tahun ke 2, risiko untuk mengalami wheezing (suara yang keluar saat bernafas saat serangan asma timbul) menurun saat sang ibu mengkonsumsi vitamin E selama kehamilannya. Demikian juga pada ibu yang menderita alergi, risiko bayi untuk mengalami eksim juga menurun.

Sedang pada ibu yang mengkonsumsi vitamin C selama kehamilannya, risiko wheezing dan eksim saat si kecil berusia 2 tahun, sebaliknya menjadi meningkat. Ibu hamil yang mengkonsumsi vitamin C terbanyak akan berisiko tiga kali lipat untuk menderita wheezing dibanding dengan ibu hamil yang mengkonsumsi vitamin C paling sedikit.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan hasil ini sebelum rekomendasi tentang asupan vitamin bagi para ibu hamil, dikeluarkan.

Sumber: American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine

No comments: