Sunday 30 December 2012

Cara Alami Atasi Morning Sick


Mual dan muntah selama masa kehamilan, disebut sebagai morning sickness, sering membuat aktivitas ibu hamil menjadi terganggu. Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk meredakan gangguan tersebut, salah satunya adalah dengan mengonsumsi jahe. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Obstetrics & Gynecology, jahe dapat membantu para wanita hamil untuk mengatasi gangguan morning sickness tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan janin di dalam kandungannya.

Beberapa penelitian lainnya yang juga menguji efek jahe dalam mengurangi rasa mual dan muntah pada wanita hamil menunjukkan bahwa jahe berfungsi lebih baik dibandingkan plasebo maupun vitamin B6, yang selama ini diketahui dapat mengurangi mual dan muntah pada beberapa wanita hamil. Namun, data penelitian tentang pengaruh jahe terhadap mual muntah selama kehamilan masih bersifat awal dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasikan bahwa jahe benar-benar aman untuk wanita hamil.

Hasil sebuah penelitian yang melibatkan 246 wanita hamil menunjukkan bahwa jahe selalu mengungguli plasebo dalam mengatasi mual dan muntah, bahkan pada wanita yang mengalami morning sickness berat yang disebut dengan Hyperemesis gravidarum.

Pada penelitian yang terbaru, para partisipan secara acak diberikan kapsul yang mengandung 350 mg jahe dan 25 mg vitamin B6 sebanyak tiga kali sehari selama tiga minggu. Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa jahe sama efektifnya dengan vitamin B6 dalam mengatasi rasa mual dan muntah. Gejala morning sickness dapat diatasi pada lebih dari separuh jumlah wanita dalam setiap kelompok tersebut.

Beberapa penelitian pernah melaporkan adanya efek samping ringan seperti sakit kepala, diare, dan rasa kantuk. Namun, tidak terdapat perbedaan yang nyata mengenai hasil kehamilan antara wanita yang mengonsumsi plasebo, vitamin B6 ataupun jahe.

Sumber: Jurnal Obstetrics & Gynecology

No comments: