Sunday 30 December 2012

Risiko Terkini Akibat Kegemukan


Hasil penelitian terbaru yang dilaporkan dalam pertemuan tahunan ahli-ahli saluran pencernaan di Amerika Serikat, menyebutkan bahwa wanita gemuk berisiko untuk menderita kanker usus besar hingga 4 kali lipat dibanding dengan wanita yang mempunyai berat badan normal. Padahal risiko ini sudah mengesampingkan risiko kanker usus besar lainnya, seperti usia, penggunaan alkohol, merokok dan riwayat kanker usus besar dalam keluarga.

Hasil ini didapat dari 2300 kolonoskopi (pemeriksaan radiologis untuk melihat keadaan usus besar), dari 1.050 orang wanita yang berusia sekitar 57 tahun.

Walaupun pada pria gemuk juga terdapat risiko untuk menderita kanker usus besar, tapi peningkatan risiko itu tidak bermakna. Tidak seperti risiko yang dialami oleh wanita gemuk.

Sedang penelitian terbaru di Australia, dengan 109 orang yang mempunyai berat badan berlebih hingga kegemukan dan 33 orang dengan berat badan normal. Mereka diberikan serangkaian test untuk melihat fungsi dan struktur dari jantung.

Penelitian ini ingin menyoroti efek kegemukan pada kesehatan jantung pada orang-orang yang tidak mempunyai penyakit jantung sebelumnya. Hasilnya, kegemukan mempunyai hubungan langsung dengan tingkat gangguan fungsi jantung. Dimana berat badan yang semakin meningkat, akan membuat otot jantung semakin menebal. Semakin berat kegemukan yang diderita, dapat berakibat jantung tidak dapat berkontraksi dan berelaksasi secara normal.
Hasil penelitian ini dilaporkan dalam American Heart Association, dalam jurnal Circulation

No comments: