Sunday 30 December 2012

Sifat Bermusuhan Merusak Tubuh


Sering mengalami stres dan kemarahan yang meledak-ledak akan membuat kita berisiko untuk menderita penyakit jantung. Tapi bagaimana dengan anak-anak? Ternyata hal itu akan membuat mereka menderita sindroma metabolik.

Penelitian ini dilakukan terhadap 134 anak dengan melakukan test menggunakan Skala Hostilitas Cook-Medley. Skala ini mengukur 3 aspek, aspek pertama yaitu bagaimana mereka memandang dunia. Anak-anak yang mempunyai sifat hostilitas (bermusuhan), akan memandang dunia sebagai suatu tempat yang tidak dapat dipercaya. Aspek kedua, yaitu respon agresif bila diprovokasi. Aspek ketiga, sifat hostilitas (bermusuhan) terhadap reaksi tertentu.
Tiga tahun kemudian, terlihat bahwa anak-anak yang mempunyai nilai tertinggi dalam pengukuran, lebih berisiko menderita sindroma metabolik, seperti tekanan darah tinggi, kegemukan, resistensi insulin dan kolesterol tinggi. Dan mereka juga akan lebih sering mengalami sumbatan pada pembuluh darah.

Walaupun terdapat faktor keturunan, tapi sifat bermusuhan pada anak terutama didapat dari faktor lingkungannya. Bagaimana sang anak melihat lingkungannya bersikap, dalam hal ini terutama dari kedua orang tuanya. Orang tua yang mempunyai sifat bermusuhan akan cenderung mempunyai anak dengan sifat yang kurang lebih sama. Bila orang tua melihat bahwa anaknya mempunyai kecenderungan untuk mempunyai sifat agresif, maka secara dini harus mulai melatih sang anak untuk dapat mengatasi sifat tersebut.

Sumber: Jurnal Health Psychology

No comments: