Sunday 30 December 2012

Mempersiapkan Susu ASI


Memberikan ASI pada si kecil perlu melakukan persiapan juga, walaupun persiapan itu tidak memerlukan waktu yang lama. Dengan melakukan persiapan, ASI akan keluar dengan lancar dan bila ingin disimpan terlebih dahulu sebelum diberikan pada si kecil, apa yang harus dilakukan?
ASI (memompa secara manual)

Letakkan ibu jari pada daerah areola atas dan jari-jari lain pada areola bawah (areola = daerah berwarna gelap di sekeliling puting).
Tekan ke dada (jangan mengurut pada kulit/tulang dada), kemudian tekan dan lepas selama beberapa menit untuk merangsang refleks pengeluaran ASI.
Ulangi gerakan sampai ASI mulai keluar.
ASI yang sudah dikeluarkan biasanya ditampung dalam wadah khusus yang steril. ASI yang ditampung pada wadah yang tidak steril dapat terjangkit kuman penyebab sakit perut dan diare. Karena itu, pastikan Anda menyimpan ASI dalam wadah yang steril dan memberikannya dengan botol susu yang sudah disterilkan juga. Jika sekiranya ASI tidak akan diberikan langsung pada bayi, simpanlah dahulu dalam lemari es (pendingin). ASI yang disimpan dalam lemari es dapat bertahan selama 2x24 jam, sementara bila disimpan di suhu ruangan biasa hanya bertahan selama kurang lebih 5 jam. Lebih dari itu, ASI rusak dan tidak boleh diberikan pada bayi.

No comments: