Friday 31 December 2010

Sebab Penuaan

Ada banyak faktor yang menyebabkan penuaan. Faktor-faktor tersebut dapat dikelompokkan menjadi faktor eksternal dan internal yang saling terkait datu dengan lainnya.

Faktor internal, contohnya berupa radikal bebas, kadar hormon yang menurun, proses glikosilasi, sistem kekebalan tubuh yang menurun, dan faktor genetik. Sedangkan faktor eksternal contohnya gaya hidup yang tidak sehat, polusi, sinar UV, stres, danfaktor sosial (kemisinan).

Tubuh membentuk reaksi kimia kompleks yang menghasilkan molekul kimia tidak stabil yang disebut sebagai radikal bebas. Molekul radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel sehat melalui suatu proses oksidasi. Produksi radikal bebas meningkat jumlahnya apabila sering terpapar sinar UV, merokok, polusi udara, dan mengkonsumsi makanan rendah gizi.

Hati-hati, karena stres juga berperan dalam proses penuaan. Stres tidak hanya terkait psikologis, tapi juga jasmani. Bila tubuh rusak, maka tubuh akan mencoba memulihkan dirinya sendiri. Pada batas tertentu tubuh dapat pulih namun tidak 100%, dan juga tidak pada semua kasus. Semakin sering tubuh mengalami stres, maka semakin kecil kemungkinan tubuh untuk pulih kembali. Akibatnya tubuh menua dan Anda menjadi rentan terhadap penyakit.

No comments: