Thursday 30 December 2010

Kuku Sehat saat hamil

Akibat aksi hormon-hormon kehamilan, sebagian ibu hamil merasa kukunya tumbuh lebih cepat dan kuat. Namun ada juga yang merasa kukunya menjadi lebih rapuh. Jika kuku mudah patah, potonglah pendek dan hindari penggunaan cat kuku.

Jagalah selalu kesehatan kuku Anda. Konsumsi makanan yang megandung protein, kalsium dan vitamin D.

Kuku yang sehat berwarna merah muda. Jika ingin penampilan kuku anda lebih oke, boleh-boleh saja melakukan manikur (perawatan tangan dan kuku jari-jarinya) dan pedikur (perawatan kaki dan kuku jarinya). Kegiatan ini bisa anda lakukan seminggu sekali. Bila dilakukan di rumah, Anda bisa menghemat waktu dan biaya. Jangan lupa sediakan peralatannya terlebih dahulu, kemudian lakukan langkah-langkah berikut :

1. Hilangkan cat kuku pada jari Anda (jika Anda menggunakannya)
2. Cuci kedua tangan dengan sabun, keringkan dengan handuk.
3. Gunting kuku berbentuk oval atau rata. Kikir satu arah, dari setiap sisi ke bagian tengah kuku. Jangan maju mundur.
4. Rendam tangan di baskom yang berisi air hangat. Campurkan sabun dan 1-2 sendok teh perasan lemon selama kurang lebih selama 15 menit.
5. Gunakan kapas bertangkai yang sudah diolesi krim untuk mendorong kulit ari ke arah tepi dan membuang sisa kulit yang sudah mati.
6. Setelah selesai, pijat kuku secara perlahan dengan krim, kemudian rendam kembali di dalam air hangat yang sudah diberi sabun selama beberapa menit. Sikat agar kuku bersih dari semua kotoran.
7. Keringkan tangan Anda
8. Bagi yang gemar memakai cat kuku, oleskan cat kuku dengan warna pilihan Anda

Lakukan langkah-langkah yang sama pada kuku-kuku jari kaki anda. Jika Anda sulit melakukan sendiri karena perut sudah membesar, serahkan saja ke ahlinya. Alternatif lain, minta tolonglah pada suami tercinta.

Peralatan manikur pedikur bisa jadi sarana penularan penyakit. Karena itu, pastikan:

1. Pilih salon yang memiliki kredibilitas baik.
2. Semua peralatan manikur dan pedikur telah dicuci dan sterilisasi, jangan ragu bertanya pada ahli kecantikan di sana.
3. Kulit ari kuku sebaiknya jangan digunting, cukup didorong ke tepi kuku.

No comments: