Friday 31 December 2010

Agar Badan Sehat

Olahraga harus dijadikan sebagai kebiasaan sedari kecil. Bukan hanya itu saja, orangtua juga perlu memberikan contoh nyata, karena daya tahan (stamina) dan kekebalan tubuh (kemampuan untuk melawan penyakit) yang didapat dari berolahraga sangat dibutuhkan. Salah satunya dilakukan untuk mencegah lemak yang berlebihan di dalam tubuh.

Pada jaman sekarang ini bagi sebagian besar orang, olahraga seminggu sekali sangat jarang dilakukan. Kenyataannya, olahraga yang dilakukan tiga kali selama seminggu termasuk kurang. Untuk itu, disarankan untuk mengimbanginya dengan aktivitas fisik lainnya. Dr. Phaidon L. Toruan, seorang konsultan kebugaran memberikan solusi ideal mengenai lamanya berolahraga:

1. Secara fisiologis membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit
2. Secara psikologis membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit.

Bertujuan agar orang memiliki keinginan untuk melangkah, dan setelah melangkah akan berlanjut hingga 30 menit.

Konsultan kebugaran, Dr. Phaidon L. Toruan menyatakan bahwa semua manusia yang berusia 30 tahun mengalami penurunan hormon dan massa otot. Oleh karena itu kombinasi antara aerobik dan latihan beban baik untuk mengantisipasinya.

Menurut Phaidon ada beberapa prinsip olahraga, yaitu aerobik dan latihan beban. Aerobik berfungsi untuk melancarkan sistem sirkulasi, yaitu sistem pembuluh darah yang terkait kardiovaskuler. Contohnya jalan, lari, dan lain sebagainya. Sedangkan latihan beban berfungsi untuk menjaga massa otot.

No comments: