Thursday 27 March 2008

Langkah Melakukan Pijatan Pada Payudara

Agar ASI lancar, dan tidak terjadi pembengkakan pada payudara, pijatlah payudara minimal sebanyak dua kali dalam sehari. Dan sangat disarankan untuk melakukan pijatan sebelum mandi.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan minyak zaitun untuk memijat. Atau boleh digantikan juga dengan baby oil, atau minyak sayur. Anda bebas memilihnya, asal Anda merasa nyaman dan tidak menimbulkan alergi pada kulit. Setelah itu, sanggahlah payudara dengan salah satu tangan. Dengan tiga jari dari tangan yang berlawanan, buatlah gerakan memutar seraya menekan. Lakukan mulai dari pangkal payudara dan berakhir pada daerah puting susu. Anda dapat melakukannya minimal 30 kali untuk masing-masing payudara.

Tempatkan kedua telapak tangan di antara kedua payudara. Urut mulai dari tengah, kemudian ke atas mengelilingi payudara. Ketika sampai di bagian bawah payudara, angkat, kemudian lepaskan payudara secara perlahan. Lakukan gerakan ini minimal 30 kali. Sangga payudara Anda di bagian bawah dengan salah satu tangan. Kepalkan tangan yang lain, kemudian urutlah bagian atas payudara (dari tepi luar payudara ke arah dalam) dengan bagian bawah tangan yang dikepalkan (bukan dengan buku jari). Lakukan gerakan tersebut dengan lembut dan perlahan selama minimal 30 kali.

Kompres kedua payudara dengan kain hangat selama dua menit. Kemudian gantilah dengan kain dingin selama satu menit. Kompres bergantian sampai tiga kali berturut-turut, dan akhiri dengan kompres kain hangat.

No comments: