Thursday 27 March 2008

Diet Kaya Zat Besi

Tubuh langsing, sehat dan bugar adalah idaman setiap orang, sayang tak semua orang bisa memiliki tubuh ideal. Bahkan banyak yang cenderung melakukan diet sembrono tanpa memikirkan kesehatan mereka.

Sebenaranya tidak ada larangan untuk berdiet asal kita tahu caranya, dan yang pasti jangan lupakan zat besi, karena zat besi sangat penting bagi metabolisme tubuh, apalagi bagi wanita.

Zat besi dalam darah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh sangat dibutuhkan wanita, terutama saat datang bulan dan hamil. Seorang wanita usia 19 - 54 tahun butuh asupan zat besi sekitar 12-16 miligram zat besi, sementara pada wanita hamil wajib mengkonsumsi 10-20 miligram zat besi. Untuk wanita usia di atas 54 tahun sebaiknya mengkonsumsi 5-7 miligram zat besi setiap harinya. Begitu pentingnya zat besi, jangan pernah abaikan unsur gizi ini dalam diet Anda.

Agar diet tetap berjalan tanpa harus meninggalkan unsur zat gizi di dalamnya, ada baiknya Anda pertimbangkan petunjuk diet kaya zat besi berikut :

- Makan Kentang Plus Kulitnya
Tanpa kita sadari kulit kentang yang selama ini sering kita abaikan ternyata mengandung lima kali lipat zat besi dibanding daging kentangnya sendiri. Karena tingginya kadar zat besi ini cobalah selalu menyertakan kentang bersama kulitnya dalam olahan masakan Anda.

- Hindari Teh
Selain air mineral, teh kerap menjadi pilihan saat kita makan. Jika ini sering Anda lakukan, coba mulai mengurangi kebiasaan tersebut, pasalnya minum teh saat dan setelah makan sangat tidak dianjurkan karena kandungan tannic acid yang terkadung di dalam teh bisa menghambat penyerapan zat besi dalam makanan yang konsumsi.

- Pilih Roti Gandum
Roti gandum atau yang lebih dikenal dengan sebutan whole wheat bread ini memang selalu jadi andalan pelaku diet. Roti gandum mengandung serat tinggi, anti-oksidan, fitoestrogen (yang baik untuk mencegah penyakit jantung dan kanker), vitamin, mineral dan juga zat besi. Selain itu, roti gandum juga memiliki cita rasa yang lebih khas dibanding roti putih (roti biasa).

- Jangan Jauhi Daging
Cobalah tetap berkawan dengan daging. Daging, entah itu daging sapi, ayam, dan ikan mengandung banyak zat besi. Begitu juga di dalam jeroan seperti hati, jantung, dan ginjal menyimpan segudang zat besi yang dibutuhkan tubuh. Asal kita tahu proporsi-nya, makan daging sah-sah saja saat kita berdiet.

- Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang polong, kedelai, dan buncis mengandung cukup banyak zat besi, selain tinggi protein. Dalam 100 gram kacang mengandung protein antara 8-17%, zat besi (1-5 mg) dan kalsium (14-102 mg).

- Bayam
Masih ingat film Popeye? Seorang pelaut perkasa yang doyan menyantap sekaleng bayam. Ini bukan dongeng semata, karena ternyata bayam memang mengandung zat besi dalam jumlah yang sangat tinggi. Jadi, jangan ragu sertakan bayem dalam setiap daftar menu mingguan Anda.

- Hindari Cemilan
Nah, kalau ini memang hal yang mungkin sulit sekali bagi pelaku diet. Jika memang terpaksa tak bisa menahan diri, cobalah menganggantinya dengan makan tahu, karena dalam setiap 100 gram tahu mengandung 2,5 miligram zat besi.

- Buah
Selain mengandung vitamin C, buah prune mengandung banyak zat besi yang lebih banyak dibanding apel dan pepaya. Dalam segelas jus prune terdapat 3 miligram zat besi.

- Tiram
Jika selama ini tiram lebih dikenal sebagai makanan pendorong gairah seksual, ada baiknya Anda mulai memasukkan tiram dalam menu mingguan Anda karena tiram mengandung 4,7 miligram zat besi per gramnya.

- Pilih-pilih produk
Apa pun makanan yang Anda pilih, baca ingredient-nya dengan teliti. Jangan tergiur kemasan, harga murah, dan merk. Bandingkan setiap merek dan pilih yang kandungan zat besinya paling tinggi.

1 comment:

Anonymous said...

Utk mendapatkan asupan zat besi yang cukup bisa mengkonsumsi suplemen alami dari Nutrilite yaitu Nutrilite Iron Folic Plus. Bisa dilihat informasinya di www.nutrilite.com. Utk informasi2 berkaitan juga bisa melihat www.amwayproductinfo.com. Thanks utk bisa memberikan comment.