Thursday 27 March 2008

Gaya Hidup Aktif, Tunda Proses Penuaan

Aktif Kerja Jadi Awet Muda

Orang yang aktif secara fisik secara biologis tampak terlihat lebih muda dibandingkan dengan pemalas, yang melewati banyak waktunya di depan televisi, demikian hasil studi yang disiarkan Senin di "Archives of Internal Medicine".

Studi kesehatan jangka-panjang yang didasarkan atas 2.401 orang kembar mendapati bahwa mereka yang memiliki gaya hidup aktif tampak 10 tahun lebih muda secara biologis dibandingkan dengan mereka yang lebih banyak duduk.

Beberapa peneliti mengambil DNA dari sel darah putih peserta dan mengkaji bagian sel yang memiliki sifat turun-temurun guna menentukan panjangnya rangkaian genetika yang disebut "telomere", yang ditemukan di ujung kromosom.

Telomere bertambah pendek ketika satu sel terbelah. Ketika Telomere jadi terlalu pendek, sel-sel berhenti terbelah. Penuaan terjadi saat lebih banyak sel mencapai akhir telomeresnya dan mati.

Studi tersebut menunjukkan orang yang cukup aktif dan melakukan kegiatan fisik rata-rata 100 menit per pekan memiliki telomere yang rata-rata kelihatan lima atau enam kali lebih muda dibandingkan dengan subjek yang kurang aktif dan melakukan kegiatan fisik rata-rata 16 menit setiap pekan.

Mereka yang melakukan kegiatan paling banyak --rata-rata 199 menit per pekan-- memiliki telomere yang kelihatan sekitar sembilan hingga 10 tahun lebih muda dibandingkan dengan yang paling tak aktif.

"Data ini menunjukkan bahwa kegiatan olahraga mungkin akhirnya melindungi tubuh dari proses penuaan," kata Tim D. Spector, profesor epidemiologi genetika di King`s College di London, yang memimpin studi tersebut.

Kegiatan fisik juga dapat mengurangi stres psikologis, yang telah berhubungan dengan panjangnya telomere.

Banyak peneliti mengatakan mereka berharap para dokter dapat memanfaatkan temuan tersebut untuk mendorong orang agar berolahraga

1 comment:

Anonymous said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
http://penuaan.infogue.com/
http://penuaan.infogue.com/gaya_hidup_aktif_tunda_proses_penuaan

anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!