Thursday 27 March 2008

Kue Brownies, Bisa Pulihkan Stamina

Kue brownies yang biasa kita kenal dengan kue gaul dengan rasa cokelat ini ternyata memiliki manfaat dapat dengan cepat memulihkan stamina.Mari kita kaji bahan-bahannya yang memiliki nilai gizi tingi.

Telur,lemak,gula dan terigu merupakan komponen pembentuk struktur utama brownies. Untuk memperbaiki tekstur, biasanya ditambahkan bahan pengemulasi dan bahan pengembang.

Dari segi rasa, brownies panggang lebih gurih. Namun, dari segi kesehatan yang dikukus lebih aman karena tidak terbentuk radikal bebas, sedangkan yang panggang ada sedikit peluang untuk terbentuk radikal bebas.

Kendatipun demikian, kekhawatiran berlebih terhadap konsumsi brownies panggang, tidaklah perlu. Secara alami, manusia juga selalu memproduksi radikal bebas didalam tubuhnya. Selama jumlah radikal bebas di dalam tubuh masih dalam batasan yang terkendali, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Secara umum gula pasir ditambahkan pada produk untuk memberikan rasa manis. Fungsi gula dalam pembuatan brownies, selain untuk memberikan rasa manis, juga berpengaruh terhadap pembentukan strukturnya,memperbaiki tekstur dan keempukan, memperpanjang kesegaran dengan cara mangikat air, serta merangsang pembentukan warna yang baik.

Selain itu, gula yang ditambahkan dapat berfungsi sebagai pengawet. Gula dapat mengurangi kadar air bahan pangan, sehingga bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme.

Lemak merupakan salah satu komponen penting dalam pembuatan brownies. Lemak yang biasanya digunakan adalah mentega dan margarin. Dalam pembuatan brownies, umumnya digunakan margarin karena harganya yang lebih murah dibandingkan butter. Penambahan lemak untuk memberikan rasa gurih, melembutkan, membuat produk tidak cepat menjadi keras dan lebih empuk.selain itu, menambah nilai gizi dan rasa lezat brownies bertambah.

Telur dalam pembuatan brownies berfungsi untuk membentuk suatu kerangka yang bertugas sebagai pembentukan struktur, telur juga berfungsi sebagai pelembut dan pengikat. Fungsi lainnya adalah untuk aerasi, yaitu kemampuan menangkap udara pada saat adonan dikocok, sehingga udara meyebar rata pada adonan.

Dark cooking chocolate (cokelat blok ) adalah cokelat batangan yang khusus digunakan untuk membentuk produk-produk bakery. Bahan ini dapat meleleh pada suhu 40C, serta berfungsi untuk memberikan rasa dan warna. Ditambahkan juga cokelat bubuk yang berfungsi untuk memperkuat rasa, aroma,dan warna.


No comments: