Tuesday 30 August 2011

Memilih Rumah Sakit yang Tepat

Kelahiran adalah proses yang membutuhkan persiapan matang. Tak heran jauh-jauh hari sebelum melahirkan, Anda sudah harus menentukan rumah sakit mana yang akan Anda pilih untuk melahirkan. Untuk itu ada beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan. Apa sajakah itu?

Sebelum memilih, tentukan terlebih dahulu kriteria dokter ideal menurut Anda. Kriteria ini bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Mungkin Anda lebih menyukai dokter perempuan ketimbang dokter laki-laki? Atau mungkin Anda lebih senang dengan dokter yang memposisikan dirinya sebagai penentu semua keputusan atas tindakan penanganan kehamilan Anda? Atau sebaliknya, mungkin Anda lebih memilih dokter yang berlaku sebatas sebagai penasehat dan pemberi informasi yang Anda butuhkan. Semuanya terserah Anda. Setelah Anda menentukan, Anda dapat mencari informasi, di rumah sakit mana dokter dengan kriteria Anda tersebut berpraktek?

Sebaiknya sejak dini mungkin calon orangtua sudah membuat perencanaan keuangan untuk biaya melahirkan. Caranya terserah masing-masing pasangan. Bisa lewat program asuransi atau dengan mempersiapkan tabungan jauh - jauh hari. Anda bisa memotong pendapatan awal Anda untuk ditabung sebelum dibelanjakan. Tentukan target tabungan Anda. Misalnya, tiap bulan Anda harus menyisihkan minimal 10 - 30% dari keseluruhan pendapatan Anda.

Setelah anggaran cukup terkumpul, pilihlah rumah sakit yang paling sesuai dengan kondisi kantong Anda. Untuk itu, ada baiknya bila Anda melakukan survey rumah sakit sejak trimester pertama kehamilan. Cari informasi, berapa biaya melahirkan di sana, berapa besar biaya pemeriksaan selama kehamilan, misalnya pemeriksaan rutin tiap bulan, biaya USG yang biasa dilakukan di masa-masa awal dan akhir kehamilan, juga biaya pemeriksaan pasca melahirkan. Jangan lupa pertimbangkan kemungkinan biaya yang akan Anda keluarkan bila Anda harus melahirkan lewat operasi sesar di rumah sakit yang Anda pilih.

No comments: