Tuesday 30 August 2011

Kehamilan Kembar

Kehamilan kembar telah banyak dijumpai dalam waktu beberapa tahun belakangan ini. Kehamilan kembar terjadi karena terdapat peningkatan terhadap penggunaan obat untuk fertilitas (kesuburan). Kehamilan kembar juga disebabkan karena faktor orang yang memiliki keturunan melahirkan kembar atau genetik kembar, usia ibu saat hamil, wanita sering mengalami persalinan, serta pada wanita yang hamil segera setelah berhenti minum pil KB.
Kehamilan kembar terdiri dari dua, yaitu :

Kembar identik

Disebut juga sebagai kembar monozygotic. Kembar identik adalah kembar yang berasal dari satu telur. Sehingga si kembar memiliki gen yang sama, jenis kelamin yang sama, dan wajah yang serupa. Kembar identik terjadi saat sebuah sperma membuahi sel telur yang matang, kemudian membentuk zigot, yang akan membelah. Jika pembelahan zigot ini terjadi pada awal pembuahan (1 hingga 3 hari setelah pembuahan), maka setiap embrio biasanya akan memiliki satu plesenta, dan kantong ketuban yang berbeda. Namun jika pembelahan terjadi setelah 14 hari, maka kemungkinan kembar siam lebih tinggi (kembar yang menempel pada bagian tubuhnya, akibat pembelahan yang tidak sempurna. Jadi kembar siam terjadi pada kembar monozygot. Dengan pemeriksaan USG (utrasonografi), dokter akan dapat menilai keadaan dari janin, jenis kelamin, posisi, maupun kelainan yang diderita janin.

Kembar fraternal

Disebut juga sebagai kembar dizygotik. Kembar fraternal adalah kembar yang berasal dari dua telur. Umumnya kembar tidak terlalu mirip, sehingga kadang terlihat seperti kakak beradik. Kurang lebih 2/3 dari bayi kembar adalah fraternal. Kembar fraternal merupakan kembar yang tidak selalu memiliki jenis kelamin yang sama di mana setengah bagian dari kembar fraternal adalah anak laki-anak perempuan, seperempat bagian adalah anak laki-anak laki, dan seperempat bagian lagi anak perempuan-anak perempuan. Kembar fraternal terjadi karena pada masa pembuahan terdapat dua buah sel telur matang yang masing- masing akan dibuahi oleh sperma yang berbeda. Karena berasal dari dua telur dan sperma yang berbeda, maka masing-masing mempunyai kantung ketuban dan plasenta sendiri. Jadi kembar fraternal merupakan proses terjadinya dua pembuahan dalam satu kehamilan.

Biasanya dokter akan data menyatakan kembar identik atau fraternal setelah proses kelahiran dengan menilai dari plasentanya.

Beberapa orang menilai kehamilan kembar dari pertumbuhan rahim yang cepat. Atau dokter merasakan merasakan sepasang kepala yang berbeda atau dua buah detak jantung janin saat pemeriksaan kehamilan. Beberapa yang lainnya, dapat menemukan dirinya hamil kembar melalui pemeriksaan dengan USG (Ultrasonografi).

No comments: