Tuesday 30 August 2011

Ibu Diabetes Kontrol Gula Darah, Cegah Bayi Besar

Salah satu masalah pada ibu hamil yang menderita Diabetes (kencing manis) adalah risiko untuk melahirkan bayi yang besar, dengan berat badan lebih dari 4 kg. Tapi ternyata risiko ini dapat dihindari dengan cara sang ibu harus mengatur gula darahnya tetap terkontrol selama kehamilannya.

Penelitian yang dilakukan di Israel dengan membandingkan 67 ibu non diabetes dengan 67 ibu diabetes yang melakukan kontrol ketat terhadap gula darahnya. Hasilnya, berat badan rata - rata bayi yang dilahirkan dari kedua kelompok ibu tersebut mempunyai berat yang sama. Tidak ada perbedaan antara dua kelompok pada bayi yang dilahirkan dengan berat badan yang rendah sekali atau berat sekali. Dari 11 bayi dengan berat badan badan lebih dari 4 kg, tidak ada perbedaan pada kedua kelompok.

Walaupun dari kelompok ibu Diabetes dua kali lebih tinggi melahirkan dengan cara operasi Sesar, tapi ini hanya disebabkan karena kebijakan dari bagian kebidanan untuk melakukan operasi Sesar pada ibu-ibu penderita Diabetes.

Hasil ini membuat para peneliti menekankan pengaturan gula darah dengan melakukan diet yang benar pada ibu-ibu hamil yang menderita Diabetes. Pengaturan dalam menjaga agar gula darah tetap terkontrol telah berkembang dengan pesat beberapa tahun belakangan ini.

Sumber: Jurnal Obstetrics & Gynecology

No comments: