Tuesday 31 August 2010

Tahukah Anda tentang Produk Nutraceutical?

Kata nutraceutical merupakan kombinasi dari kata nutrition dan pharmaceutical, yang berarti produk tersebut memiliki pengaruh yang menguntungkan bagi kesehatan manusia. Nutraceutical seringkali disebut sebagai functional foods atau makanan fungsional. Produk-produk makanan tersebut dapat meningkatkan kesehatan dan juga mencegah terjadinya penyakit. Secara khusus, nutraceutical merupakan makanan fungsional yang bisa menggunakan klaim kesehatan.

Konsep makanan fungsional belakangan ini memang banyak dipakai oleh berbagai industri makanan. Industri-industri makanan sangat fokus untuk memberikan produk-produk yang menyehatkan bagi konsumen mereka. Pengetahuan tentang manfaat kesehatan yang berkaitan dengan makanan telah mengalami transisi di abad-20 ini sebagai upaya untuk pencegahan penyakit dan juga penyediaan nutrisi.

Faktor metabolik yang sering menyebabkan gangguan kesehatan antara lain yaitu oksidasi berlebihan, inflamasi berlebihan, dan sistem imun atau kekebalan tubuh yang tidak normal. Keadaan fisiologis tersebut memang saling berkaitan, namun kini mudah untuk diketahui karena adanya peran produk nutraceutical. Contoh nutraceutical yang cukup penting dalam mempengaruhi keadaan tersebut adalah lipid (seperti asam lemak omega-3, karotenoid, dan xantofil), fenol (dengan kadar tertentu dalam makanan), dan probiotik. Nutraceutical lainnya yang juga penting yaitu peptida dan asam amino tertentu, serta beberapa karbohidrat dinding sel bakteri (mengandung gugus glukan).

No comments: