Tuesday 31 August 2010

Memasuki Menopause

Menjelang menopause, kebanyakan wanita merasakan luapan emosi yang naik turun dan banyak ketidaknyamanan yang dirasakan. Gejala-gejala umum menopause adalah gangguan konsentrasi serta kegelisahan, akan berubah seiring fase menopause.

Emosi yang tak beraturan dan naik-turunnya perasaan akan berkurang dalam masa transisi menopause, seperti diamati dari kadar hormone. Tingkat follicle stimulating hormone (FSH) meningkat saat menopause emosi yang menggelegak dan ketidakstabilan perasaan akan berkurang seiring meningkatnya tingkat FSH ini.

Mereka juga menemukan para wanita yang dulu sering mengeluhkan rasa sakit sebelum menstruasi lebih cenderung mengalami ketidakstabilan emosi dan perasaan selama menopause, begitu juga yang sering merasa tertekan.

Dalam jurnal Obstetrics & Gynecology, januari 2008, menyebutkan gejala-gejala yang mengganggu dan sering dikaitkan dengan menopause akan menghilang seiring dengan perubahan fisiologis yang terjadi selama masa transisi menuju menopause.

Ada beberapa wanita yang tak mengalami gejala apapun sebelum menopause, atau tidak mengganggap gejala-gejala yang mereka alami mengganggu. Dan walaupun wanita lain yang merasa gejala-gejala tersebut mengganggu aktifitas sehari-hari sebaiknya berkonsultasi dengan dokter karena menopause bukanlah penyakit ataupun kejanggalan.

No comments: