Tuesday 31 August 2010

Ingin Punya Anak

Keputusan untuk punya anak tak sekedar butuh persiapan fisik. Sebelum melangkah lebih jauh, calon ibu dan ayah perlu membekali diri dengan informasi lengkap agar rencana besar ini bisa terwujud sesuai bayangan.

Dibutuhkan lebih dari sekedar proses pembuahan yang sukses untuk merealisasikan rencana memiliki keturunan. Keputusan besar ini bertalian erat dengan pertimbangan yang masak, persiapan fisik dan mental hingga perubahan gaya hidup calon orang tua.

Pertimbangan usia cukup kuat untuk ditempatkan pada urutan teratas dari daftar prioritas. Sejak awal pasangan mengikat janji, ada baiknya rencana untuk punya momongan sudah dibicarakan sejak awal. Mulai dari usia berapa yang dirasa tepat dengan tak melupakan pertimbangan kesiapan ekonomi. Mengapa usia? Cukup banyak studi yang menunjukkan bahwa usia ayah dan ibu erat kaitannya dengan kualitas janin yang dikandung.

Selain itu kesehatan ibu dan janin tak boleh dilupakan. Kesehatan seseorang banyak bergantung pada gaya hidup yang dianut dalam keseharian. Kebiasaan merokok dan minum alkohol wajib segera ditinggalkan. Pastikan pasangan tinggal di lingkungan yang sehat. Suplemen asam folat pun penting, baik sebelum dan selama kehamilan. Akan lebih baik jika pasangan pergi menemui dokter untuk membicarakan rencana ini.

Membekali diri dengan informasi mengenai dooâ?s and donttâ?s dan apa yang akan dihadapi selama kehamilan. Dengan demikian akan lebih siap dan tidak terlalu kaget menghadapi perubahan-perubahan fisik yang terjadi. Baik masa pra-kehamilan dan kehamilan menuntut pasangan untuk memberi perhatian ekstra terhadap kesehatan dan perilaku sehari-hari. Namun ini bukan berarti harus ekstra khawatir. Selmat menjalani pembuahan dengan tubuh bugar dan sikap positif .

No comments: