Saturday 29 September 2012

Relaktasi


Kadang ibu menyusui terpaksa menghentikan pemberian ASI pada bayinya selama rentang waktu tertentu karena berbagai alasan. Setelah beberapa waktu lamanya, si ibu ingin menyusui kembali bayinya. Upaya ibu untuk menyusui kembali dikenal dengan istilah Relaktasi.

Perlu diketahui, selama masa "istirahat" dari kegiatan menyusui, produksi ASI mungkin menjadi jauh berkurang atau bahkan terhenti. Pada saat sang ibu hendak menyusui kembali, tubuhnya, terutama seluruh organ yg terlibat dalam proses produksi ASI, membutuhkan waktu untuk mempersiapkan diri agar dapat bekerja kembali memproduksi ASI.

Sehubungan dengan masa persiapan organ ASI, ada beberapa hal yang perlu diingat, yaitu setiap wanita membutuhkan waktu yang berbeda untuk menghasilkan ASI. Mungkin ada beberapa ibu yg membutuhkan waktu beberapa hari saja untuk memproduksi ASI secara optimal. Tapi bila ibu berhenti menyusui untuk waktu yang cukup lama, biasanya perlu waktu antara 1 hingga 2 minggu agar produksi ASI kembali seperti semula. Selain itu, biasanya akan lebih mudah dan lebih cepat bagi tubuh untuk menghasilkan ASI kembali, bila si kecil masih berumur kurang dari 2 bulan dibandingkan bila si kecil sudah berumur lebih dari 6 bulan.

Motivasi yang sangat kuat dari ibu, ditambah dengan perangsangan terhadap payudara secara rutin oleh bayi melalui isapannya akan membantu mempercepat produksi ASI. Intinya jangan putus asa!

Tips agar berhasil dalam relaktasi yaitu sebelum memutuskan untuk melakukan relaktasi, sebaiknya bertanyalah pada diri Anda sendiri. pakah anda merasa bahagia dan puas jika si kecil mendapatkan zat gizi terbaik dari ASI daripada susu formula? Atau apakah Anda memiliki alasan lainnya? Jujur pada diri sendiri mengenai motivasi untuk melakukan relaktasi sangat menentukan keberhasilan Anda dalam menyusui kembali si kecil.

No comments: