Saturday 29 September 2012

Hadiah untuk Si Kecil


Bila kita ingin memberikan hadiah mainan baik kepada keponakan, anak kerabat ataupun anak kita sendiri, sebaiknya kita mempelajarinya terlebih dahulu. Jangan sampai mainan yang kita berikan untuk menambah kebahagiaannya, sebaliknya malah membahayakan keselamatannya.

Berikut ini petunjuk dari U.S. Consumer Product Safety Commission dalam membeli mainan untuk anak:
  1. Pilihlah mainan yang sesuai dengan usia, kemampuan dan ketrampilannya. Jangan memberikan mainan yang jauh melebihi kemampuan usianya karena dapat membahayakan.
  2. Untuk bayi dan anak yang masih suka memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya, janganlah memberikan mainan yang berukuran kecil atau mainan yang dapat dipisah-pisahkan menjadi bagian-bagian yang kecil. Karena mainan tersebut dapat tertelan dan menyumbat saluran nafasnya.
  3. Bacalah etiket yang terdapat pada tiap mainan, yang mencantumkan peruntukkan usia dan rekomendasi keamanan sebagai panduan sebelum membeli mainan.
  4. Untuk anak di bawah usia 8 tahun, hindari mainan yang mempunyai sisi yang tajam dan ujung yang runcing. Juga hindari mainan listrik dengan elemen pemanas.
  5. Segeralah buang pembungkus plastik pada mainan. Karena anak-anak dapat menjadikannya sebagai mainan dan menyebabkan sumbatan pada saluran nafasnya.
  6. Pilihlah mainan yang kokoh dan kuat, tidak mudah rusak atau terpecah menjadi bagian-bagian kecil.
  7. Bacalah instruksi yang ada pada mainan hingga paham dan barulah dibeli bila mainan itu memang tepat untuk diberikan pada anak.

No comments: