Saturday 29 September 2012

Penyakit Berbeda Karena Jenis Kelamin


Apa bedanya pria dan wanita? Tentu, akan mudah dijawab karena perbedaannya sudah jelas. Dari segi fisik dan psikis juga sudah berbeda. Tapi tahukah Anda, bahwa ternyata perbedaan itu, terutama dalam hal penyakit, melebihi dari yang kita sadari selama ini.

Beberapa penyakit sering terjadi pada jenis kelamin tertentu, sebut saja penyakit jantung dan kanker paru-paru. Penyakit-penyakit tertentu mempunyai gejala yang berbeda pada pria dan wanita, dan pengobatan yang dilakukan juga berbeda, tergantung dari jenis kelamin. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengobatan berdasarkan jenis kelamin. Perbedaan ini mungkin disebabkan karena perbedaan genetika, hormonal dan gaya hidup yang berbeda. Misalnya:
  1. Wanita yang tidak merokok lebih mudah mengalami kanker paru dibanding dengan pria yang tidak merokok. Dan kanker terjadi pada usia yang lebih muda dibanding dengan para pria, karena kelihatannya wanita memetabolisme zat-zat penyebab kanker secara berbeda dibanding pria.
  2. Serangan jantung pada wanita jarang memberikan gejala nyeri dada dan gejalanya lebih tidak jelas, mirip seperti gejala flu.
  3. Beberapa jenis obat untuk AIDS lebih cepat metabolismenya pada pria, sehingga diperlukan dosis berbeda tergantung dari jenis kelaminnya.
  4. Wanita lebih jarang mengalami kanker mulut.
  5. Wanita lebih rentan untuk mengalami penyakit autoimun, seperti Lupus, Rheumatoid Artritis dan Multipel Skeloris. Penyakit autoimun adalah penyakit dimana sistem kekebalan tubuh melakukan kesalahan dengan menyerang bagian tubuhnya sendiri.

No comments: