Saturday 29 September 2012

Persiapan Sebelum Menyusui


Agar ASI Ibu dapat keluar cukup banyak, sebaiknya Ibu perlu melakukan beberapa persiapan tertentu sebelum menyusui, antara lain:

  1. Makanlah makanan selingan seperti bubur kacang hijau yang banyak mengandung gizi.
  2. Minumlah segelas air, susu atau sari buah sebelum atau pada waktu menyusui.
  3. Berbaringlah selama beberapa menit sebelum Ibu mulai menyusui.
  4. Mandilah dengan air hangat sebelum Ibu mulai menyusui.
  5. Kompres payudara untuk memperlancar sirkulasi darah, lalu bersihkan payudara sebelum menyusui.
  6. Tanamkan keyakinan pada diri Ibu bahwa Ibu pasti bisa menyusui bayi Ibu dengan baik.
  7. Ibu Menyusui vs Makanan Bergizi
  8. Makanan untuk Ibu Menyusui
  9. Selama menyusui seorang Ibu membutuhkan kalori, protein, mineral dan vitamin yang sangat tinggi. Mengingat Ibu yang menyusui rata-rata memproduksi 800 ml ASI dalam sehari, dengan kandungan kurang lebih 600 kalori, maka Ibu menyusui perlu memperoleh tambahan makanan sebanyak 750 kalori/hari. Dan agar kelenjar-kelenjar susu mampu mengeluarkan ASI, maka dibutuhkan tambahan lagi sebanyak 75 kalori. Oleh Direktorat Gizi Departemen Kesehatan, jumlah yang diperlukan dibulatkan menjadi 800 kalori/hari.
Untuk kebutuhan protein, walaupun ASI sendiri sudah mengandung 12% protein, Ibu masih perlu menambahkan lagi dengan 25 g protein/hari. Selain itu, karena ASI juga mengandung zat kapur (kalsium) yang diambil dari tubuh Ibu, maka makanan Ibu juga memerlukan tambahan zat kapur sebanyak 0,5 g/hari. Ibu dapat memperolehnya melalui sumber makanan seperti susu, sayur-sayuran dan ikan teri. Jangan lupa untuk menambahkan asupan tambahan zat besi sebanyak 5 mg.

Karena nilai vitamin yang terdapat dalam ASI sangat bergantung pada nilai vitamin dalam makanan ibu sehari-hari, maka ibu menyusui juga membutuhkan tambahan ekstra vitamin sebanyak 2500 IU Vitamin A, 0,4 mg Thiamin (Vitamin B1) dan 30 mg Vitamin C.

Selain kebutuhan makanan di atas, ibu menyusui juga memerlukan minum yang cukup, karena kebutuhan tubuh akan zat cair pada ibu menyusui akan meningkat. Ada baiknya bila sebelum menyusui, Ibu minum segelas air putih, susu atau sari buah. Selain itu perbanyak pula makan sayuran berkuah atau sup.

No comments: