Saturday 29 September 2012

Mengetik SMS Dapat Timbulkan Tendinitis


Menjaga Kesehatan di Tempat KerjaMereka yang suka berkirim SMS (short message service), terutama pada anak-anak remaja, sebaiknya tidak terlalu berlebihan dalam melakukan kegemaran yang satu ini. Karena jari yang sering kita gunakan untuk mengetikkan SMS, yaitu ibu jari, dapat mengalami tendinitis.

Seperti yang terjadi pada seorang anak perempuan di Italia, yang dibawa berobat oleh orangtunya karena mengalami rasa nyeri yang hebat pada ibu jarinya. Setelah diperiksa dokter, didiagnosa menderita tendinitis akut, yang semula diperkirakan akibat dari berolahraga atau karena bermain tenis. Tetapi setelah diteliti lebih lanjut, ternyata tendinitis yang diderita remaja putri tersebut disebabkan karena mengetikkan sekitar 100 SMS dari telepon genggam setiap harinya.

Tendinitis adalah suatu peradangan, iritasi dan pembengkakan pada jaringan tendon (jaringan ikat dari otot yang terdapat pada sendi). Tendinitis ini dapat terjadi akibat cedera, usia tua yang menyebabkan elastisitasnya berkurang atau karena penggunaan sendi yang berlebihan dengan gerakan yang sama berulang-ulang. Gejala yang sering timbul pada tendinitis adalah rasa nyeri terutama saat sendi digerakkan.

Tendinitis dapat terjadi pada sendi apapun, tapi sendi yang sering terkena adalah sendi bahu, siku, lutut (tendon Achilles) dan sendi pergelangan tangan.

Pengobatan yang sering diberikan adalah dengan obat-obatan anti peradangan dan obat pereda nyeri. Selain itu tentunya sendi yang terkena harus diistirahatkan. Dan setelah sembuh pun, kebiasaan menggunakan sendi yang sama secara berulang-ulang secara berlebihan harus dihindari, seperti misalnya kebiasaan mengetikkan pesan SMS di telepon genggam hingga 100 SMS perhari!

No comments: