Saturday 29 September 2012

Kehamilan: Bulan VII dan IX


Kehamilan sudah semakin besar, dan di bulan ke IX, Anda mulai bersiap-siap menanti kedatangan si kecil yang sudah lama ditunggu-tunggu.

Bulan VII

Mulai merasa cepat letih, kaki bengkak? Itu wajar. Meninggikan kaki saat berbaring (misalnya dengan memakai bantal untuk mengganjal) bisa membantu. Walau begitu, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter Anda. Ada beberapa keadaan dimana bengkak menjadi tanda bahwa sesuatu yang tidak wajar mungkin terjadi.

Panjang si kecil kini sudah berkisar antara 38 dan 40 cm. Kemampuannya pun sudah bertambah. Dia kini sudah dapat melihat cahaya dan mendengar suara dengan lebih baik. Ajaklah suami Anda untuk mengobrol dengan si kecil seakan dia sudah berada di luar. Komunikasi yang baik antara ayah dan anak sudah dapat dibentuk bahkan sejak dalam kandungan.

Oh ya, jangan lupa untuk bersiap-siap menghadapi hari besar Anda. Persiapkan segala kebutuhan si kecil saat lahir nanti. Mulailah merencanakan dan kalau perlu mulai berbelanja. Belilah sesuai dengan kebutuhan, bukan karena sekedar ketertarikan. Jangan hamburkan uang Anda untuk hal yang tidak perlu, kecuali kondisi keuangan Anda sangat memungkinkan. Ingatlah, banyak yang harus Anda beli saat si kecil hadir di dunia.

Bulan VIII

Perut Anda bertambah besar seiring dengan pertumbuhan yang cepat dari si mungil. Tendangannya mungkin mulai terasa menusuk dan menyesakkan. Nikmatilah, karena itu adalah saat dimana Anda bisa menyalurkan rasa sayang Anda kepadanya. Justru bila ia tidak banyak bergerak, Anda harus khawatir dan segera menghubungi dokter.

Bulan IX

Akhirnya, bulan yang dinanti-nantikan pun tiba. Bersiaplah untuk menyambut si mungil di dunia. Saat ini panjang si kecil bisa mencapai antara 45 dan 54 cm. Proses pertumbuhan dan pematangan berbagai organ mencapai tahap akhir. Si kecil kini siap untuk bermain dengan Anda di dunia.

Waspadalah terhadap keluarnya cairan atau bercak darah dari vagina Anda. Mungkin itu adalah air ketuban yang mulai merembes keluar. Kontraksi-kontraksi palsu pun mulai muncul sehingga orang sering salah menduga bahwa saat melahirkan telah dekat. Walau demikian, tidak usah ragu untuk pergi ke rumah sakit bila Anda merasa saat melahirkan memang hampir tiba. Bila ternyata bukan, toh Anda bisa segera kembali ke rumah.

Selamat atas hadirnya si kecil di rumah Anda. Semoga ia menjadi pelita kebahagiaan bagi Anda sekeluarga.

No comments: