Saturday 29 September 2012

Kalsium saat Hamil Pengaruhi Tekanan Darah Anak


Kesehatan seseorang bisa dipengaruhi oleh nutrisi yang diperolehnya saat dalam kandungan. Sebuah penelitian yang dimuat dalam American Journal of Hypertension mendapatkan bahwa anak-anak dari wanita yang mendapat asupan kalsium sejak trimester kedua kehamilan akan mempunyai tekanan darah yang lebih rendah.

Pada penelitian ini, satu kelompok wanita hamil diberi 2.000 mg kalsium per hari mulai dari trimester kedua kehamilan sampai ia melahirkan sedangkan kelompok lain hanya mendapat plasebo.

Ternyata bayi-bayi yang lahir dari wanita yang mendapat suplementasi kalsium memiliki tekanan darah sistolik yang lebih rendah dibanding mereka yang ibunya tidak mendapat kalsium. Tekanan darah pada 260 bayi tersebut diukur saat mereka berusia 3 bulan.

Saat mencapai usia 2 tahun, pengukuran kembali dilakukan pada 57 anak dan didapatkan bahwa perbedaan tersebut bahkan semakin besar dan mencakup juga tekanan darah diastolik.

Mengapa hal itu bisa terjadi belum diketahui dengan pasti. Selain itu, apakah memang perlu diberikan kalsium dalam dosis yang sedemikian besar juga masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Yang jelas, asupan kalsium memang sangat dibutuhkan dalam kehamilan.

No comments: