Wednesday 30 November 2011

Varises Pada Ibu Hamil

Varises (varikosistis atau vena varikose) adalah terjadinya pelebaran pada pembuluh darah. Varises terjadi sampai beberapa tingkat keparahan pada kebanyakan ibu hamil, namun umumnya varises lebih sering terjadi pada wanita berusia tua. Diketahui terdapat faktor predisposisi keturunan terhadap varises yang dapat menjadi lebih buruk selama kehamilan. Jika ibu hamil mengalami varises, maka kemungkinan si anak juga akan mengalaminya.

Masalah dengan varises biasanya terjadi pada tungkai, tapi mungkin juga sebagai wasir atau timbul pada jalan lahir dan di dalam vulva. Tekanan dari rahim dan perubahan dalam aliran darah selama kehamilan dapat membuat varises semakin memburuk. Varises pada tungkai dan varises pada rektum (wasir) dapat menyebabkan nyeri yang sangat dan rasa yang tidak nyaman.

Gejala dari varises adalah bervariasi. Pada beberapa wanita, varises hanya berupa noda atau bercak ungu kebiruan pada tungkai yang menyebabkan sedikit rasa tidak nyaman. Untuk wanita lainnya, varises tampak sebagai tonjolan yang mengharuskan kaki ditinggikan pada sore hari atau diperlukan tindakan lainnya.

Varises mungkin akan memburuk selama kehamilan. Peningkatan berat badan (dari bayi yang sedang berkembang, rahim, dan plasenta), pakaian yang ketat yang menghalangi gerakan bebas pergelangan kaki dan tangan, serta berdiri dalam waktu yang lama akan memperburuk varises. Jika Anda terus bermasalah dengan varises setelah kehamilan, Anda mungkin membutuhkan tindakan pembedahan.

Cara yang paling efektif untuk mencegah varises adalah memperbaiki sirkulasi pada tungkai ibu hamil, terutama melalui olahraga dan perubahan posisi. Berjalan-jalanlah ketika memungkinkan dan lakukan gerakan memutar-mutar pergelangan kaki sementara Anda duduk atau berdiri. Berbaringlah miring ke kiri ketika Anda berbaring untuk meningkatkan aliran darah. Tinggikan pinggang dan tungkai ketika istirahat atau berbaring. Jagalah penambahan berat badan keseluruhan selama kehamilan dalam batasan yang normal (12,5 - 17,5 kg) untuk wanita dengan berat badan yang normal.

Jika mendapatkan varises ketika Anda hamil, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk membuatnya lebih baik. Banyak wanita mengenakan kaus kaki untuk mengurangi pembengkakan dan menghilangkan rasa nyeri pada tungkai. Selain itu, pakaian yang tidak memberikan hambatan sirkulasi pada lutut atau lipatan paha adalah pilihan yang terbaik. Kenakan celana dalam yang longgar untuk mencegah varikositas valvular (varises pada daerah vulva) yang menyebabkan rasa tak nyaman yang lebih parah.

No comments: