Wednesday 30 November 2011

Hiperhidrosis

Mungkin Anda belum pernah mendengar istilah ini, tapi keadaan ini akan membuat orang yang mengalaminya menjadi resah dan tidak pe-de. Hiperhidrosis adalah suatu keadaan dimana keringat keluar secara berlebihan terutama di daerah seperti di lipat ketiak, telapak tangan atau telapak kaki.

Keringat yang berlebihan ini tentu akan sangat mengganggu dan memalukan. Akan membuat noda di pakaian dan juga akan menggangu bila hendak memegang sesuatu apalagi saat kita bersalaman.

Hiperhidrosis di telapak tangan dan kaki biasanya muncul lebih awal di sekitar usia 13 tahun, baru kemudian di daerah lipat ketiak. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena gangguan metabolik, penyakit sistemik tertentu atau karena gangguan saraf. Pemicunya dapat disebabkan karena panas atau stres misalnya. Tapi banyak yang mengalami hiperhidrosis ini timbul sepanjang hari, tanpa pemicu yang jelas.

Apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya? Beberapa cara dapat dicoba, tapi cobalah dengan cara yang paling mudah terlebih dahulu. Pertama, cobalah dengan anti perspirants yang banyak dijual bebas. Cobalah cari anti perspirants yang mengandung Aluminum Klorida, bila anti perspirants lain tidak bekerja dengan baik. Sedangkan cara lain yang dapat dilakukan, memerlukan bantuan dari dokter seperti penggunaan obat antikolinergik yang dapat mengurangi pengeluaran keringat, suntikan Botoks hingga operasi Simpatektomi Servikal.

No comments: