Wednesday 30 November 2011

Kehamilan Terjadi Karena Orgasme?

Banyak pendapat keliru yang beredar di masyarakat menganggap bahwa pada saat orgasme, wanita mengeluarkan sel telur. Dengan demikian, jika ingin hamil, wanita harus orgasme terlebih dahulu. Anggapan yang keliru ini agaknya didasarkan pada kenyataan bahwa pria mengeluarkan sel spermatozoa ketika ia mencapai orgasme.

Wanita sama sekali tidak mengeluarkan sel telur saat orgasme. Sel telur dikeluarkan pada saat-saat tertentu, hanya sekali sebulan dalam satu siklus menstruasi. Saat tersebut dikenal dengan masa subur.

Masa subur adalah masa hidup sel telur sejak dikeluarkan dari indung telur dan selama bertahan hidup di dalam rahim. Sel telur dikeluarkan dari indung telur pada 14 hari sebelum menstruasi akan datang. Setelah dikeluarkan, sel telur masuk ke dalam rahim melalui saluran telur. Di dalam rahim, sel telur mampu bertahan hidup selama 48 jam.

Berbeda dengan wanita, pria tidak memiliki masa subur. Setiap kali mereka melakukan hubungan seksual dan kemudian mengalami ejakulasi, pria mampu menghamili pasangan wanitanya yang tengah berada dalam masa subur. Di luar masa subur, hubungan seksual tidak dapat membuahkan kehamilan. Beberapa cara untuk mengetahui kesuburan wanita :

1. Perhatikan keluarnya lendir mulut rahim yang dapar diraba dengan jari.
Pada saat subur, wanita mengeluarkan cairan bening seperti putih telur sehingga kelamin terkesan basah. Banyak wanita yang menganggap hal tersebut sebagai keputihan. Di luar saat subur, lendir mulut rahim hanya sedikit dan lebih kental sehingga kelamin terkesan kering.
2. Ukur suhu tubuh setiap pagi sebelum bangun tidur selama beberapa bulan dalam siklus menstruasi. Buatlah grafik berdasarkan kondisi tersebut, dengan menghubungkan setiap angka yang menunjukkan suhu tubuh. Dengan grafik tersebut, dapat menunjukkan ada tidaknya saat subur. Pada saat subur, akan terjadi penurunan suhu tubuh di bawah normal, yang akan diikuti dengan kenaikan suhu tubuh yang melebihi normal.
3. Periksa lendir rahim di bawah mikroskop.
Pada saat subur, akan tampak bentuk seperti daun pakis sempurna.
4. Lakukan USG melalui vagina.
Dari hasil pemeriksaan USG melalui vagina, dapat dilihat dengan jelas sel telur yang lepas dari indung telur.

No comments: